HUDI, HUDI (2015) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN LABORATORIUM SEKOLAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Situs di MTs Negeri Karangrejo Dan MTs Negeri Tunggangri Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
1. Sampul.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB VI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
8.DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1 BIODATA PENULIS.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyatan Keaslian.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan Pembimbing.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “ Manajemen Layanan Perpustakaan dan Laboratorium Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Karangrejo dan MTs Negeri Tunggangri” ini ditulis oleh HUDI di bimbing oleh Dr. H. Abdul Aziz, M.PdI dan Dr. H. Akyak, M.PdI. Kata Kunci : Manajmen, Perpustkakaan, Laboratorium, Mutu Pendidikan. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi upaya lembaga pendidikan islam untuk meningkatkan mutu. Mutu merupakan target atau standar yang harus dicapai oleh suatu lembaga. Maka berbagai cara yang dilakukan oleh lembaga itu untuk melampau target atau setandart supaya lembaganya dapat diterima dan diminati oleh masyarakat. Berbagai cara ini diwujudkan tidak hanya proses belajar mengajar saja akan tepai dalam bentuk pelayanan-pelayanan yang disediakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Pelayanan itu antara lain; perpustakaan sekolah, laboratorium, koperasi sekolah, usaha kesehatan sekolah dan kafetaria sekolah, keamanan, asrama, tempat ibadah, dan lain-lain. Perpustakaan dan laboratorium sekolah merupakan sumber belajar yang paling kuat dalam memfasilitasi pembentukan kepribadian peserta didik. Perpustakaan merupakan sumber belajar yang berupa bahan, sedangkan laboratorium merupakan sumber belajar yang berbentuk peralatan. Fokus permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam layanan perpustakaan dan layanan laboratorium sekolah di MTs Negeri Karangrejo dan MTs Negeri Tunggangri dalam meningkatkan mutu pendidikan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil langkah untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujuan mampu mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan layanan perpustakaan dan laboratorium sekolah di MTs Negeri Karangrejo dan MTs Negeri Tunggangri, sehingga hasil dari telaah tersebut mampu dijadikan kontribusi dalam terselenggaranya dan berkembangnya manajemen layanan perpustakaan dan laboratorium sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis metode multi situs. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dalam rangka mencari sumber dan data yang menunjang dalam penulisan ini. Kemudian dari data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Selanjutnya tehnik keabsahan data dari data yang telah dianalisis menggunakan tehnik (1) kredibilitas (validasi internal), (2) transferabilitas (validasi eksternal), (3) dependabilitas (reliabilitas), dan (4) konfirmabilitas (obyektivitas). Dengan kerangka itu, dapat diketahui bahwa layanan perpustakaan dan laboratorium MTs Negeri Karangrejo dan MTs Negeri Tunggangri untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam perencanaannya diwujudkan dengan; 1) Perumusan tujuan dan fungsi perpustakaan dan laboratorium, 2) Penyusunan program kerja, 3) Presentasi kepada kepala Madarah, 4) Pengajuan persetujuan, 5) Pelaksanaan program kerja, 6) Pelaporan/Penilaian. Kemudian pengorganisasiannya diwujudkan dengan; 1) Pembentukan struktur organisasi, 2) Pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan job discription, 3) Rapat koordinasi rutin, 4) Kerjasama antar warga madrasah. Selanjutnya untuk pelaksanaannya berupa; 1) Pelaksanaan program kerja yang sudah disusun dan ditetapkan, 2) Pelayanan rutin perpustakaan dan laboratorium, 3) Pembenahan sarana ruang perpustakaan dan laboratorium, 4) Penambahan buku refrensi dan bahan praktek laboratorium, 5) Peningkatan perpustakaan dan laboratorium agar lebih produktif. Dan pengawasannya berupa; 1) Pengawasan kepala perpustakaan dan kepala laboratorium kepada stafnya masing-masing, 2) Pelaopran kepada kepala madrasah sebagai bentuk pertanggung jawaban, 3) Penilaian oleh kepala madarah atas pelaksanaan perogram kerja yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Studi Islam |
Depositing User: | HUDI SADJA |
Date Deposited: | 19 Jan 2016 08:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2016 08:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |