STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KEGIATAN KEISLAMAN PESERTA DIDIK DI MI TARBIYATUSSHIBYAN BALUN TURI LAMONGAN

AHMAD ILHAM PRASOJO, 12201183426 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KEGIATAN KEISLAMAN PESERTA DIDIK DI MI TARBIYATUSSHIBYAN BALUN TURI LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kegiatan Keislaman Peserta Didik di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan” ini ditulis oleh Ahmad Ilham Prasojo, NIM 12201183426, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Yaitu dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M. A Kata Kunci : Strategi, GPAI, Nilai-Nilai Keislaman Penelitian ini dilatarbelakangi diera globalisasi ini, era dimana zaman yang serba maju modern, dimana manusia akan disibukkan dengan kegiatan yang serba banyak, maka ada baiknya apabila memperkokoh agama, atau setidaknya mengimbangi antara ilmu umum dengan agama, mengimbangi antara agama dan dunia, sehingga kita tidak terjerumus dengan gemeralpnya dunia sekarang, karena secara perlahan agama juga terkikis dengan perilaku manusia akhir zaman, yang banyak nilai-nilai yang berubah seperti halnya moral, akhlak dan juga sifat malu. Maka dengan dengan itu kita berusaha dengan tetap teguh dalam menjalani kehidupan dengan menanmkan nilai-nilai keagamaan pada setiap hari-hari kita. Untuk itu disini peran guru agama sangatlah penting dalam rangka mendidik dan menanamkan nilai-nilai keislaman melalui penerapan kegiatan keislaman pada peserta didik, selagi anak-anak masih kecil untuk itu penanaman nilai sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan usah penenaman setidaknya nanti bisa panen yaitu berupa terdidiknya peserta didik untuk menjadi lebih baik lagi dalam menjalani kehdiupan didunia yaitu dengan menjalankan syariat mematuhi perintah Allah dan juga menjahui larangan Allah SWT. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan membaca al-Qur‟an di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan?, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan sholat berjama‟ah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan?, (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan hadrah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan?. Adapun tujuan dalam diadakan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan membaca alQur‟an di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan sholat berjama‟ah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan hadrah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitiannya di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan. Sumber data yang diperolah melalui tiga unsur yaitu : Person, Place, Paper. Metode pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan ( perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitiannya adalah (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan membaca al-Qur‟an di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan adalah adanya anjuran kepada siswa untuk membawa buku pedoman yang telah disediakan oleh Madrsah yaitu berisikan surat-surat pendek/ juz amma, asmaul husna, dzikir maupun do‟a do‟a yang lainnya, membiasakan membaca Al-Qur‟an melalui membaca surat-surat pendek dalam juz amma, memberikan pelatihan atau pengajaran terkait dengan membaca Al-Qur‟an dengan baik dan sopan, melatih kedisiplinan siswa dan juga evaluasi kepada siswa, memberikan nasihat serta motivasi, aprsesiasi/ penghargaan terkait dengan strategi guru dalam rangka menanmkan nilai keislaman yaitu membaca Al-Qur‟an. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan sholat berjama‟ah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan adalah bentuk dari kerjasama antara siswa dan juga guru dalam rangka mengkondisikan siswa untuk sholat dhuhur berjama‟ah. Memberikan dampingan baik untuk absen maupun keteladanan kepada peserta didik seperti halnya kedisiplinan. Memberikan ceramah, pengawasan secara langsung dan juga nasihat motivasi kepada peserta didik (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kegiatan keislaman peserta didik melalui program pembiasaan hadrah di MI Tarbiyatusshibyan Balun Turi Lamongan adalah adanya pemberian jadwal hadrah, mewadahi bagi siswa yang ingin mengikuti event event festival sholawat, dalam acara PHBI maupun dalam acara yang lainya seperti halnya di undang masyarakat, memeberikan latihan lagu lagu sholawat baik itu untuk vocal ataupun untuk pemegang alat hadrah itu sendiri, serta memberikan fasilitas baik itu berupa pelatih maupun alat itu sendiri dan yang terkahir yaitu memberikan motivasi dan juga nasihat kepada peserta didik tentang hadrah ataupun sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183426 Ahmad Ilham Prasojo
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:27
Last Modified: 02 Aug 2022 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28752

Actions (login required)

View Item View Item