AZIZAH NURIYANA ALFINNINGRUM, 12201183200 (2022) PENERAPAN METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Muroja‟ah dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Azizah Nuriyana Alfinningrum, NIM 12201183200, program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Muroja’ah, Hafalan Al-Qur’an, Siswa Berkebutuhan Khusus Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada pada anak berkebutuhan khusus umumnya masih kurang dalam fokus dan respon terhadap lawan bicaranya. Oleh karena itu, masih sangat sulit untuk mengajarkan hafalan Al-Qur‟an. Pendidik memerlukan kesabaran yang sangat extra dan metode khusus yang tepat dalam mengajarkan hafalan Al-Qur‟an. Untuk itu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai metode muroja‟ah pada anak berkebutuhan khusus. Fokus penelitian ini: 1.) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode muroja‟ah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an siswa berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung?, 2.) Bagaimana hambatan penerapan metode muroja‟ah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an siswa berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung?, 3.) Bagaimana dampak penerapan metode muroja‟ah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an siswa berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: 1.) Pelaksanaan penerapan metode muroja‟ah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an siswa berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung, yaitu: ustadz atau ustadzah mentalqin dan membacakan dahulu ayat yang akan dihafalkan oleh siswa, mentasmi‟kan hafalan sebelum setoran, mengulang-ulang secara klasikal, melafalkan ayat secara bergantian kemudian diikuti oleh teman-temannya, evaluasi seminggu satu kali dan ujian tahfidz setiap satu bulan sekali. 2.) Hambatannya, yaitu: hafalan tidak lancar, ayat-ayat Al-Quran yang hampir sama, kurang fokus dalam menghafal Al- Qur‟an, rasa malas dan kurangnya keinginan untuk belajar sesuai suasana hatinya. 3.) Dampaknya, yaitu: mampu mencapai target hafalan dengan baik sesuai yang telah diprogramkan di sekolah. Siswa berkebutuhan khusus juga mampu menghafal Al-Qur‟an sesuai dengan makhraj dan tajwidnya, lebih lancar, fashih, dan tartil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183200 Azizah Nuriyana Alfinningrum |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28753 |
Actions (login required)
View Item |