ANALISIS KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA MTs PSM TANEN REJOTANGAN

DELLA ANGGUN PRAMESWARI, 12204183211 (2022) ANALISIS KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA MTs PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Kemampuan matematika dan Perbedaan Gender Siswa di MTs PSM Tanen Rejotangan” ini ditulis oleh Della Anggun Prameswari, NIM. 12204183211, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Karakteristik Berpikir Intuitif, , Kemampuan Matematika, Relasi dan Fungsi, dan Gender. Ketika menyelesaikan soal matematika, terkadang siswa membutuhkan proses mental yang berbeda agar dapat menyelesaikan soal matematika khususnya materi relasi dan fungsi. Kemampuan matematika siswa dalam menyelesaikan soal secara cepat dan segera dipengaruhi oleh aktivitas mental yang ditopang oleh berpikir intuitif. Dalam kemampuan matematika setiap siswa pun berbeda-beda, tidak dipungkiri juga siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan matematika yang berbeda. Kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah juga mempengaruhi siswa dalam melibatkan berpikir intuitifnya untuk menyelesaikan soal. Karena siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal secara analitis, tentu akan menggunakan intuisinya guna menjadi jembatan agar siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang diberikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik berpikir intuitif apa yang dilibatkan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi yang ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs PSM Tanen Rejotangan kelas VIII B semester genap. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang terdiri 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Data penelitian ini berupa hasil jawaban tes dan hasil wawancara siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini yaitu lembar tes soal relasi dan fungsi dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Karakteristik berpikir intuitif yang dilibatkan oleh siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi yakni; self evidence, theory status, globality, implicitness dan coerciveness. (2) Karakteristik berpikir intuitif yang dilibatkan oleh siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi yakni; theory status, globality dan implicitness. (3) Karakteristik berpikir intuitif yang dilibatkan oleh siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi yakni; extrapolativeness, implicitness, self evidence, dan globality.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183211 DELLA ANGGUN PRAMESWARI
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:20
Last Modified: 02 Aug 2022 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28765

Actions (login required)

View Item View Item