PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 LAMONGAN

RIRIN AFIFAH, 12207183037 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di MAN 1 Lamongan” ditulis oleh Ririn Afifah , NIM 12207183037, Pembimbing Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan Peserta Didik Kepala sekolah merupakan suatu komponen yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Maju, stagnan dan mundurnya sekolah ditentukan oleh kepala sekolah dalam menerapkan peranannya sebagai kepala sekolah melalui penataan kedisiplinan peserta didik dan seluruh stake holder sekolah. Dalam hal ini penelitian dilakukan di MAN 1 Lamongan mengingat madrasah ini mempunyai kedisiplinan yang unggul, menjadikan kedisiplinan sebagai budaya mutu madrasah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pean kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik ?, (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik ?, (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisior dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian antar lain kepala sekolah, waka kesiswaan, gru BK, dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah sebagai manajer membuat perencanan mengenai progam kedisiplinan yaitu Sekolah Ramah Anak, yang bekerja sama dengan kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kab Lamongan, dan untuk hasilnya akan di evaluasi selama satu semester satu kali. (2) Kepala sekolah sebagai motivator memberi arahan terhadap keinginan yang akan dicapai dan memotivasi kepada peserta didiknya melalui pemberian reward, agar dapat meningkatkan kegiatan yang dicipai. (3) kepala sekolah sebagai supervisior menyusun tim supervisi sekolah yang terdiri dari seluruh waka sekolah, yang bertujuan untuk mengawasi pengajaran guru dikelas guna meningkatan pembelajaran di kelas dankedisiplinan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183037 RIRIN AFIFAH
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:33
Last Modified: 03 Aug 2022 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item View Item