MELISA PUTRI MAHARANI, 12205183201 (2022) PERUBAHAN EMOSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV MIN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
erubahan emosi siswa terjadi karena faktor dari dalam diri siswa maupun lingkungan terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris karena pelajaran ini mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berbicara (speaking), menulis (writing), membaca (reading), dan mendengarkan (listening) juga dapat memicu permasalahan timbul dari dalam diri siswa. Dengan adanya guru yang memiliki kreativitas untuk mendorong siswa, maka siswa akan lebih mudah mencerna bahasa yang sulit dipahami dalam pemecahan masalah yang terjadi dan dapat menggali rasa kepercayaan diri yang lebih tinggi lagi pada pembelajaran bahasa Inggris. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perubahan emosi terkait kesadaran diri siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa Kelas IV MIN 2 Trenggalek. (2) Bagaimana perubahan emosi terkait kemandirian dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa Kelas IV MIN 2 Trenggalek. (3) Bagaimana perubahan emosi terkait aktualisasi diri dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa Kelas IV MIN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara mandalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap, dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perubahan emosi terkait kesadaran diri siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris yakni adanya siswa yang kurang minat dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini terjadi karena faktor lingkungan dan faktor bawaan, sehingga diperlukan motivasi dan dorongan dari guru. Kemudian terdapat pembagian sesi yang juga memicu terjadinya perubahan emosi siswa. (2) Perubahan emosi terkait kemandirian siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris yakni masih ada siswa yang kurang mandiri saat menyelesaikan soal, ada beberapa siswa yang memiliki kecemasan dalam belajar dan terdapat siswa yang kurang dalam kemampuan membaca dan berbicara. (3) Perubahan emosi terkait aktualisasi diri siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris yakni masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam berbahasa Inggris, sehingga disediakan metode bernyanyi dan bermain kosa kata agar siswa mampu menumbuhkan percaya diri. Kemudian masih ada siswa yang kurang antusias dan aktif dalam proses pembelajaran, serta daya potensi yang berbeda antar siswa satu dengan lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183201 MELISA PUTRI MAHARANI |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28791 |
Actions (login required)
View Item |