ERISA RIZA SETYANI, 12205183138 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperat if Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir” ini ditulis oleh Erisa Riza Setyani, NIM. 12205183138, pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu, peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan pendekatan kontruktivis, yang mengacu pada metode pembelajaran bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar. Salah satu tipe dari model pembelajaran PKn materi hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada amata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogeny, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 2.514 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.016. karena T hitung > T tabel atau 2.514 > 2.204 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.016 < 0.05 maka H o ditolak dan H a diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 5.060 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena T hitung > T tabel atau 5.060 > 2.204 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H a diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nilai probabilityyaitu 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183138 ERISA RIZA SETYANI |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:20 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28808 |
Actions (login required)
View Item |