PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR

ERISA RIZA SETYANI, 12205183138 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperat if Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir” ini ditulis oleh Erisa Riza Setyani, NIM. 12205183138, pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu, peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan pendekatan kontruktivis, yang mengacu pada metode pembelajaran bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar. Salah satu tipe dari model pembelajaran PKn materi hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada amata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogeny, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 2.514 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.016. karena T hitung > T tabel atau 2.514 > 2.204 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.016 < 0.05 maka H o ditolak dan H a diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 5.060 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena T hitung > T tabel atau 5.060 > 2.204 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H a diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nilai probabilityyaitu 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183138 ERISA RIZA SETYANI
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:20
Last Modified: 03 Aug 2022 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28808

Actions (login required)

View Item View Item