PUPUT SETIA RINY, 12402183243 (2022) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN USAHA LAUNDRY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Safana Laundry Desa Sukorejo Kulon,kalidawir,Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Safana Laundry Desa Sukorejo Kulon,kalidawir,Tulungagung)” ini ditulis oleh Puput Setia Riny, NIM. 12402183243, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Suatu usaha harus memiliki strategi dalam mempertahankan konsumen. Penerapan strategi mempertahankan konsumen ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kelancaran agar memperoleh hasil yang memuaskan. Tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana mempertahankan loyalitas konsumen. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan strategi mempertahankan loyalitas konsumen, dengan tujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada usaha laundry pada Safana Laundry. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana strategi yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada Safana Laundry dalam Perspektif Ekonomi Islam?, (2) Bagaimana karakteristik loyalitas konsumen pada Safana Laundry?. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode yang digunakan adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi dalam mempertahankan loyalitas konsumen berdasarkan perspekif Islam pada Safana Laundry yaitu strategi kualitas jasa, promosi, pelayanan (service), dan harga. Dari aspek ekonomi Islam, Safana Laundry dalam menjalankan usahanya tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman dengan selalu bertanggung jawab, memberikan kualitas jasa terbaik dan juga pelayanan yang baik, ramah, dan sopan kepada konsumen. Selain itu juga tidak ada unsur kebohongan dalam menjalankan usaha Safana Laundry. (2) Karakteristik loyalitas konsumen terhadap penggunaan jasa laundry pada Safana Laundry yaitu melakukan pembelian berulang (repeat order),terbiasa menggunakan jasa Safana Laundry, menyukai dan puas dengan jasa Safana Laundry, tidak beralih tempat meskipun ada pilihan jasa laundry lain, tidak beralih meski ada jasa laundry yang lebih dekat, dan merekomendasikan kepada teman, kerabat atau orang lain. Kata kunci : Strategi, Loyalitas Konsumen, Laundry, Ekonomi Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Puput 12402183243 Puput Setia Riny |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:59 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28811 |
Actions (login required)
View Item |