STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN USAHA LAUNDRY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Safana Laundry Desa Sukorejo Kulon,kalidawir,Tulungagung)

PUPUT SETIA RINY, 12402183243 (2022) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN USAHA LAUNDRY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Safana Laundry Desa Sukorejo Kulon,kalidawir,Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Safana Laundry Desa Sukorejo Kulon,kalidawir,Tulungagung)” ini ditulis oleh Puput Setia Riny, NIM. 12402183243, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Suatu usaha harus memiliki strategi dalam mempertahankan konsumen. Penerapan strategi mempertahankan konsumen ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kelancaran agar memperoleh hasil yang memuaskan. Tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana mempertahankan loyalitas konsumen. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan strategi mempertahankan loyalitas konsumen, dengan tujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada usaha laundry pada Safana Laundry. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana strategi yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada Safana Laundry dalam Perspektif Ekonomi Islam?, (2) Bagaimana karakteristik loyalitas konsumen pada Safana Laundry?. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode yang digunakan adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi dalam mempertahankan loyalitas konsumen berdasarkan perspekif Islam pada Safana Laundry yaitu strategi kualitas jasa, promosi, pelayanan (service), dan harga. Dari aspek ekonomi Islam, Safana Laundry dalam menjalankan usahanya tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman dengan selalu bertanggung jawab, memberikan kualitas jasa terbaik dan juga pelayanan yang baik, ramah, dan sopan kepada konsumen. Selain itu juga tidak ada unsur kebohongan dalam menjalankan usaha Safana Laundry. (2) Karakteristik loyalitas konsumen terhadap penggunaan jasa laundry pada Safana Laundry yaitu melakukan pembelian berulang (repeat order),terbiasa menggunakan jasa Safana Laundry, menyukai dan puas dengan jasa Safana Laundry, tidak beralih tempat meskipun ada pilihan jasa laundry lain, tidak beralih meski ada jasa laundry yang lebih dekat, dan merekomendasikan kepada teman, kerabat atau orang lain. Kata kunci : Strategi, Loyalitas Konsumen, Laundry, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Puput 12402183243 Puput Setia Riny
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:59
Last Modified: 16 Aug 2022 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item View Item