STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MIN 5 TULUNGAGUNG

NORMA INDAH CAHYANTI, 12205183304 (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam belajar Al�Qur’an dan Hadits. Sebagian siswa menganggap Al-Qur’an Hadits adalah pelajaran yang sulit, karena dalam mempelajarinya harus memperhatikan makhroj dan tajwid. Sebenarnya, kesulitan belajar merupakan hal yang alami terjadi pada siswa. Hal ini bisa disebabkan karena faktor dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa. Kesulitan belajar adalah kondisi dimana anak tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara maksimal. Seperti kesulitan belajar membaca, menulis, memahami materi dan sebagainya. Oleh karena itu, strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sangat diperlukan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas II dan guru bidang studi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti terdiri dari tiga sub proses yang terhubung yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu guru menyusun perangkat pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran; guru mengagendakan agar siswa melakukan pembiasaan membaca 3-4 surat setiap pagi; guru menyiapkan apersepsi tentang materi Al-Qur’an Hadits yang akan dipelajari; guru menyusun penanaman dasar makhorijul huruf dan tajwid; madrasah menyediakan kelas bengkel untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. (2) Pelaksanaan strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu memberikan motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran; guru menerapkan strategi membaca dengan keras; guru menggunakan strategi sambung ayat; guru memberikan tugas dan latihan berupa hafalan surat dan hadits; guru melakukan tanya jawab terkait materi yang dipelajari. (3) Evaluasi strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu guru memberikan soal ujian dan kuis kepada seluruh siswa; guru melakukan analisis terhadap kemampuan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits; guru memberikan penilaian terhadap kemampuan siswa berdasarkan hasil tes; guru memberikan kesempatan remedial pada siswa yang belum tuntas dalam belajar; guru melakukan evaluasi menggunakan jurnal harian siswa; kepala madrasah melakukan evaluasi terhadap kinerja guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183304 NORMA INDAH CAHYANTI
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:38
Last Modified: 03 Aug 2022 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item View Item