PENGARUH PENGGUNAAN METODE BLACK KNIGHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 SRENGAT

ELYSA AYU SAPUTRI, 12204183066 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BLACK KNIGHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Black Knight Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat Kelas VII SMPN 1 Srengat” ini ditulis oleh Elysa Ayu Saputri, NIM. 12204183066, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Black Knight, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode dimana siswa tidak diikutsertakan untuk berperan aktif di dalam pembelajaran. Permasalahan ini berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Metode pembelajaran Black Knight merupakan metode pembelajaran yang memadukan pembelajaran aktif, efektif, dan menyenangkan yang berfokus pada tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap pemahaman konsep siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat, (2) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap hasil belajar siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat, (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Srengat dengan sampel siswa kelas VII H sebagai kelas control dan siswa kelas VII J sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Sampling. Data penelitian ini diambil dari nilai post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap pemahaman konsep siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat, (2) ada pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap hasil belajar siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat, (3) ada pengaruh metode pembelajaran Black Knight terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Srengat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183066 Elysa Ayu Saputri
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:30
Last Modified: 03 Aug 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item