LILIS NOVITASARI, 12210183042 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X MA AL MUSLIMUN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (643kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Kurang berhasilnya pembelajaran menulis puisi pada siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya kemampuan siswa yang masih rendah disebabkan oleh kurangnya variasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, munculnya asumsi pada sebagian siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia bahwa mata pelajaran yang mudah karena menggunakan bahasa sehari-hari, siswa juga kesusahan saat diminta mengungkapkan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Perlu adanya inovasi baru dalam pembelajaran menulis puisi di kelas salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran. Dengan menerapkan metode pembelajaran berupa sugesti imajinasi, diharapkan siswa memiliki hasil belajar yang cukup baik dan minat belajar yang sedemikian rupa diharapkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun, 2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap minat belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun, 3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Al Muslimun Lamongan yang terdiri dari dua kelas berjumlah 47 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan uji MANOVA dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh yang positif signifikan metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun. Dibuktikan dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini didukung juga oleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,08 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,18. 2) Ada pengaruh positif signifikan metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap minat belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun. Dibuktikan dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini didukung juga oleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 67,76 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 60,82. 3) Ada pengaruh positif signifikan metode pembelajaran sugesti imajinasi terhadap hasil dan minat belajar siswa pada keterampilan menulis puisi kelas X MA Al Muslimun. Dibuktikan dengan uji MANOVA diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Metode Sugesti Imajinasi, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lilis Novitasari |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28839 |
Actions (login required)
View Item |