PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI BUSTANUL ULUM BRUDU SUMOBITO JOMBANG

BERLIAN FRANSISCA, 12205183261 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI BUSTANUL ULUM BRUDU SUMOBITO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Penggunaan Media Garis Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang”ini ditulis oleh Berlian Fransisca, NIM. 12205183261, pembimbing Bapak Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci : Media Garis Bilangan, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada proses pembelajaran matamatika kelas IV materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan negatif yaitu kurangannya pemahaman peserta didik mengenai konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal dan tidak mencapai KKM lebih dari 50%. Sehingga kurangnya motivasi belajar untuk peserta didik akan berdampak pada hasil belajarnya. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa yaitu media pembelajaran garis bilangan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang?, (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang?, (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan pola penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design serta menggunakan metode angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang, dan sampelnya kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa, kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Uji Gain Score dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya penggaruh yang signifikan penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang, bahwa hasil dari analisis data uji gain score yang menggunakan uji-t diperoleh sig. (2-tailed) = 0,000 dan nilai thitung = 25,135. Nilai sig. (2-tailed) < taraf signifikan 5% yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 25,135 > 2,0085. (2) Adanya penggaruh yang signifikan penggunaan media garis bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang, bahwa hasil dari analisis data uji gain score yang menggunakan uji-t diperoleh sig. (2-tailed) = 0,000 dan nilai thitung = 7,591. Nilai sig. (2-tailed) < taraf signifikan 5% yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 7,591 > 2,0085. (3) Pada pengujian yang dilakukan keduanya antara motivasi dan hasil belajar menggunakan uji MANOVA mendapatkan sig. yang lebih kecil dari taraf signifikan 5% yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dari nilai perhitungan sig. uji MANOVA membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan media garis bilangan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183261 BERLIAN FRANSISCA
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:15
Last Modified: 08 Aug 2022 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item View Item