ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS PERUMAHAN SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi di Royal Madina Blabak, Kecamatan Pesantren Kota Kediri)

DESI EKA SAFITRI, 12402173117 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS PERUMAHAN SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi di Royal Madina Blabak, Kecamatan Pesantren Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Pada Bisnis Perumahan Syariah Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi di Royal Madina Blabak, Kecamatan Pesantren Kota Kediri)” ini ditulis oleh Desi Eka Safitri, NIM. 12402173117, Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permintaan akan tempat tinggal di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya. Kebutuhan dasar manusia selain sandang dan pangan adalah papan. Mayoritas orang menginginkan hunian yang syar’i dengan proses transaksi yang mudah dan halal. Dalam hal ini perumahan dengan konsep syariah mulai dikembangkan, salah satunya yaitu perumahan syariah Royal Madina yang berada di Kota Kediri. Royal Madina merupakan bisnis properti yang mengusung nilai syar’i dalam kegiatan pemasarannya, mulai dari transaksi yang digunakan, target konsumen, dan lokasi yang dipilihkan. Adanya perumahan syariah Royal Madina menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk memiliki rumah sebagai tempat tinggal. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran yang digunakan oleh developer perumahan syariah Royal Madina Blabak, Kecamatan Pesantren Kota Kediri untuk meningkatkan volume penjualan, dan untuk menganalisa apa saja faktor yang mempengaruhi penjualan perumahan syariah di Royal Madina Blabak, Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekat deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis data interaktif yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh developer Royal Madina untuk meningkatkan volume penjualan yaitu a) menjaga kualitas produk dengan menyerahkan pada ahlinya dan memilihkan material yang berkualitas b) memberikan harga yang wajar sesuai dengan kualitas dan fasilitas c) memilih lokasi yang Islami dan dekat dengan berbagai fasilitas umum d) membuat brosur yang menarik dengan mencantumkan kelebihan produk e) target konsumen kaum muslimin dan memilih karyawan yang ahli di bidangnya f) transaksi menggunakan akad syariah bai’ istishna’ dan g) pemberian berbagai fasilitas seperti free design, taman, one street system, pos penjagaan, dan berbagai fasilitas lainnya. Sedangkan 2) Faktor yang mempengaruhi penjualan yaitu a) konsumen menginginkan rumah dengan kualitas terbaik b) harga yang dapat dijangkau dan sesuai dengan fasilitas dan kualitas c) lokasi yang dekat dengan tempat rutinitas d) promosi yang menarik dengan menunjukkan berbagi kelebihannya e) memilih transaksi yang mudah dan halal serta pelayanan yang memuaskan dan f) banyaknya fasilitas yang ditawarkan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran 7P, Bisnis Perumahan Syariah, Strategi Pemasaran, Volume Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173117 DESI EKA SAFITRI
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:47
Last Modified: 05 Aug 2022 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28845

Actions (login required)

View Item View Item