STRATEGI PEMASARAN DAN RESTRUKTURISASI TENAGA KERJA DI INDUSTRI TEMPE KRIPIK MIRASA SEBAGAI PENGUAT PRODUKTIVITAS KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek)

RAHMA AMELINDA, 12402183250 (2022) STRATEGI PEMASARAN DAN RESTRUKTURISASI TENAGA KERJA DI INDUSTRI TEMPE KRIPIK MIRASA SEBAGAI PENGUAT PRODUKTIVITAS KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dan Restrukturisasi Tenaga Kerja di Industri Tempe Kripik Mirasa Sebagai Penguat Produktivitas Kerja Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek), ini ditulis oleh Rahma Amelinda, NIM. 12402183250, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pandemi covid-19 yang melanda dunia dan sektor ekonomi terutama UMKM mengalami penurunan pendapatan, salah satunya adalah Industri Tempe Kripik Mirasa di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Sehingga peneliti ingin meneliti mengenai strategi pemasaran dan manajemen tenaga kerja di Industri Tempe Kripik Mirasa dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemasaran yang dilakukan di Industri Tempe Kripik Mirasa Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek berdasarkan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) (2) mengetahui dan mendeskripsikan restrukturisasi tenaga kerja yang diterapkan di Industri Tempe Kripik Mirasa Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan produktivitas kerja selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Industri Tempe Kripik Mirasa menerapkan strategi bauran pemasaran meliputi: (1) strategi produk yang dilakukan adalah dengan menambah varian produk, menambah macam kemasan seperti kardus dengan gambar yang memperlihatkan produk dan tempat produksi, strategi harga yang dilakukan yaitu menawarkan harga standart dan dapat dijangkau seluruh kalangan konsumen, strategi lokasi yang diterapkan yaitu tempat usaha yang dilalui oleh transportasi umum dan pemilihan lokasi usaha yang dekat dengan Pusat Jajanan Khas Trenggalek, strategi promosi yang dilakukan adalah menggunakan media sosial Whatsapp, promosi utamanya dari mulut ke mulut karena dirasa lebih efektif dan lebih akurat, strategi orang yang dilakukan adalah memilih karyawan yang memiliki keinginan kuat untuk bekerja, disiplin waktu dan ingin belajar, strategi proses yang dilakukan adalah memilih bahan baku dengan kualitas bagus, diolah secara higienis tanpa menggunakan bahan pengawet, strategi bukti fisik yang dilakukan yaitu memiliki sarana-prasarana yang memadai yang digunakan dalam proses produksi (2) restrukturisasi tenaga kerja yang diterapkan selama pandemi covid-19 dalam meningkatkan produktivitas kerja yaitu dengan mengatur jadwal kerja karyawan agar tidak ada karyawan yang di PHK dan produktivitas bisa semakin meningkat. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, restrukturisasi tenaga kerja, produktivitas kerja

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahma 12402183250 Rahma Amelinda
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:01
Last Modified: 03 Aug 2022 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28864

Actions (login required)

View Item View Item