Mutmainah, Siti (2014) Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII A Di MTs Darul Huda Wonodadi. [ Skripsi ]
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Reward Dan Punishment, Hasil Belajar, Kubus Dan Balok. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang kurang mampu menerima bermacam-macam model pembelajaran, keadaan tersebut dapat membuat siswa kurang kondusif dalam proses pembelajaran. Siswa cenderung lebih aktif jika menggunakan model pembelajaran ceramah. Dari pihak pengajar lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena hal ini dapat menunjang potensi akademik yang dimiliki oleh siswa, maka dari itu peneliti ingin memberikan keunikan dalam proses pembelajaran dengan metode ceramah yang disertai pemberian reward dan punishment. Reward yang diberikan berupa kata-kata penyemangat dan penghargaan secara nyata yang berupa alat-alat tulis, sedangkan bentuk hukuman yang diberikan berupa pemberian soal-soal terkait materi kubus dan balok yang dikerjakan di depan kelas disertai presentasi hasil jawaban kepada teman-teman kelasnya. Ini dilakukan guna melatih kemandirian serta peningkatan kecerdasan dari siswa itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi?, 2) Seberapa besar pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi. Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi dan keilmuan matematika mengenai pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh reward dan punishment. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi yang berjumlah 89 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. xix Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi dengan nilai 0,039 yang berarti < 0,05 sehingga menolak H0 dan menerima H1. (2) Besar pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi adalah 98,34%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 02:40 |
Last Modified: | 03 Dec 2014 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/289 |
Actions (login required)
View Item |