EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA USAHA HAZENAH

RYAAS MUHAMMAD ARIF, 12405183238 (2022) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA USAHA HAZENAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Usaha Hazenah” ini ditulis oleh Ryaas Muhammad Arif, NIM 12405183238, pembimbing Bapak Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya pengguna media sosial Facebook dan Instagram di Indonesia. Dimana banyak usaha yang memanfaatkan media sosial ini sebagai sarana pemasaran dan bisnis secara daring. Usaha Hazenah merupakan salah satu usaha dibidang souvenir pernikahan memanfaatkan platform Facebook dan Instagram sebagai sarana pemasaran. Efektivitas pemanfaatan media sosial sebagai sebuah strategi pemasaran menjadi isu yang menarik untuk dikaji terutama dengan penerapan bauran pemasaran atau marketing mix 4P. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Efektivitas pemanfaatan media sosial sebagai strategi bauran pemasaran meliputi empat poin penting: a)Product, yaitu produk yang diunggah melalui media sosial dapat menarik minat dan antusias dari konsumen. b)Price, peneyrtaan harga pada media membuat calon konsumen dapat menentukan pilihan dan membandingkan dengan took lainnya. c)Place, lokasi usaha yang digantikan melalui media Facebook dan Instagram sangat membantu dalam mendukung kegiatan pemasaran dan memudahkan komunikasi calon konsumen. d)Promotion, kegiatan pronosi dengan menggunakan media sosial dengan memposting video dan foto serta diikuti caption yang menarik dapat membantu penginformasian produk dan menyebarkan pemasaran secara luas. 2)Hambatan yang muncul dalam pemanfaatan media sosial meliputi: a)Hambatan internal berupa hambatan keterbatasan ide dan beribas kepada tingkat publikasi. b)Hambatan eksternal yaitu kurangnya komunikasi Karen tidak munculnya notifikasi pada komentar di media sosial. 3)Solusi yang diterapkan oleh usaha Hazenah meliputi: a)Solusi internal yaitu meningkatkan ide dengan mencari gagasan baru dengan melakukan pengamatan dan meningkatkan kegiatan publikasi secara berkala. b)Solusi eksternal, melakukan pengecekan terhadap postingan dan mengalihkan calon konsumen menggunakan media Whatsapp guna melakukan komunikasi lebih dalam. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian yaitu Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengambil data yaitu: 1)wawancara dengan mendalam (Deep Interview) dengan pemilik ataupun pelanggan. 2)observasi dengan mengikuti kegiatan produksi dan pemasaran usaha Hazenah. 3)dokumentasi yang meliputi dokumentasi kegiatan dari Usaha Hazenah ataupun pelanggan. Kata kunci: Media Sosial, Peningkatan penjualan, Strategi Bauran Pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183238 RYAAS MUHAMMAD ARIF
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:53
Last Modified: 05 Aug 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item