BELLA APRILIA SARI, 12405183323 (2022) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH EL-HIJAAZ BOUTIQUE AND CRAFT DALAM PERSPEKTIF SYARIAH. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (474kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Diferensiasi Produk Dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ElHijaaz Boutique And Craft Dalam Perspektif Syariah” yang ditulis oleh Bella Aprilia Sari, NIM. 12405183323, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga para pelaku bisnis diharapkan untuk terus mempunyai inovasi dan selalu melakukan pengembangan produk agar dapat bersaing dengan kompetitor, hal ini yang mendasari diterapkannya strategi diferensiasi produk di umkm El-hijaaz Boutique and Craft guna menciptakan keunggulan bersaing dan bisa memenangkan persaingan pasar. Upaya yang dilakukan dengan membuat beberapa produk turunan atau produk siap pakai dari mentahan produk kain shibori dan ecoprint. Tujuan pada penelitian ini 1) Untuk mengetahui strategi diferensiasi produk dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing pada umkm El-hijaaz Boutique and Craft. 2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif syariah terhadap penerapan strategi diferensiasi produk dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing pada umkm El-hijaaz Boutique and Craft. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dari pemilik UMKM El-hijaaz Boutique and Craft, karyawan serta pelanggan UMKM El-hijaaz Boutique and Craft. Dalam menganalisis data penulis menggunakan 3 metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Strategi Pemasaran Melalui Diferensiasi Produk pada UMKM El-Hijaaz Boutique and Craft dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing yaitu menggunakan beberapa indikator strategi diferensiasi, antara lain melalui : a) indikator bentuk , b)Mutu kesesuaian, c) Daya tahan, d) Keandalan e) Mudah diperbaiki, f) Gaya, dan yang terakhir g) Desain. Melalui beberapa strategi tersebut, UMKM El-Hijaaz Boutique and Craft dapat menciptakan keunggulan bersaingya. 2)Strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UMKM El-Hijaaz Boutique and Craft selalu memperhatikan dan menerapkan transaksi jual beli yang sesuai dengan aturan dan ajaran islam. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Diferensiasi Produk, Keunggulan Bersaing
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183323 BELLA APRILIA SARI |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28958 |
Actions (login required)
View Item |