تطبيق طريقة "المفتاح للعلوم" و"منهجي" في تعليم قواعد اللغة العربية في دورة الأزهار باري كاديري

GUS MA'RUF, 128504203010 (2022) تطبيق طريقة "المفتاح للعلوم" و"منهجي" في تعليم قواعد اللغة العربية في دورة الأزهار باري كاديري. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Judul tesis “Penerapan Metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhaji dalam pembelajaran kaidah-kaidah bahasa Arab di Kursus Bahasa Arab Al Azhar Pare Kediri”, ditulis oleh Gus Ma’ruf, NIM 128504203010, dengan dimbimbing oleh Dr. H. Kojin, M.Ag dan Prof. Dr. Sulaiman. Kata Kunci: Al Miftah Lil Ulum, Manhajy, Metode Pembelajaran Kaidah Bahasa Arab, Al Azhar Pare Kaidah bahasa Arab yang mencakup ilmu nahwu dan shorof adalah ilmu yang sangat penting, mengingat semua fan ilmu dalam islam membutuhkannya sebagai alat. Namun, sering kali kaidah bahasa arab dianggap ilmu yang sulit dipelajari, mempelajarinya butuh waktu yang lama dan belum tentu setelah mempelajarinya akan mendapat hasil yang memuaskan. Hal tersebut, mendorong munculnya berbagai metode pembelajaran kaidah bahasa Arab yang menawarkan inovasi dalam belajar kaidah bahasa Arab yang memudahkan. Di antaranya adalah metode Manhajy dari Kursus Bahasa Arab Al Azhar Pare Kediri dan metode Al Miftah Lil Ulum daru Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Keduanya merupakan metode pembelajaran kaidah bahasa Arab yang dipakai dan diterapkan di kursus bahasa Arab Al Azhar yang menawarkan kemudahan dan kecepatan. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kaidah bahasa arab menggunakan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri? (2) Bagaimana kegiatan pembelajaran kaidah bahasa Arab dengan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kaidah bahasa Arab menggunakan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri?, (4) Apakah problem serta solusi dalam penerapan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri? Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran kaidah bahasa Arab menggunakan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy. Lalu, bermanfaat juga dalam mengetahui langkah-langkah penerapannya di lembaga kursus tersebut. Selain itu, bermanfaat dalam mengetahui masalah apa yang dihadapi selama penerapan kedua metode tersebut, dan apa solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Setelah terkumpul, peneliti menganalisisnya menggunakan analisis data Miles dan Hubermans. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembelajaran kaidah bahasa Arab menggunakan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus bahasa Arab Kediri menunjukkan adanya kesesuain dengan teori perencanaan pembelajaran. Sebab, terdapat tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Namun, semuanya belum terdokumentasi atau tertulis, kecuali perencanaan jadwal pembelajaran. Perencanaan yang tidak terdokumentasi, berada dalam hafalan dan ingatan para pengajar. Kedua, kegiatan pembelajaran kaidah bahasa Arab dengan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri menganut teori pembelajaran kaidah bahasa Arab yang sudah ada. Metode Al Miftah Lil Ulum menerapkan metode deduktif yang dipadukan dengan beberapa teknik pembelajaran, di antaranya bernyanyi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan permainan edukatif. Sedangkan, metode Manhajy menganut metode eklektik dimana terdapat metode deduktif dan induktif yang dipadukan dengan beberapa teknik pembelajaran. Di antaranya adalah bernyanyi, ceramah, diskusi dan analisis. Ketiga, evaluasi pembelajaran kaidah bahasa Arab menggunakan metode Al Miftah lil Ulum dan Manhajy di Al Azhar Pare Kediri, semua dengan teknik tes. Dalam Al Miftah lil ulum digunakan tes lisan yang terbagi ke dalam tes harian, mingguan dan akhir. Sedangkan di Manhajy, digunakan tes lisan dan tulisan. Tes tulisan di minggu pertama, kedua dan terakhir. Sedangkan tes lisan dilakukan setiap hari setelah para siswa masuk pada penerapan teori nahwu dan shorof. Keempat, terdapat problem dalam penerapan metode Al Miftah Lil Ulum dan Manhajy di lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri. Problematika tersebut terbagi ke dalam problem linguistik dan non linguistik. Adapun problem linguistik seperti minimnya hafalan mufrodat pada beberapa pelajar. Sedangkan problem non linguistik seperti perbedaan kemampuan peserta belajar dalam menghafal. Dan untuk memecahkan problem tersebut, yaitu dengan menempatkan peserta belajar yang belajar kaidah bahasa Arab di dalam satu asrama agar bimbingan, arahan dan kontrol bisa dilakukan sesering mungkin. Selain itu, mengintensifkan pendampingan bagi peserta didik yang kemampuan pemahaman dan hafalannya tertinggal dari yang lain.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Pd 128504203010 Gus Ma'ruf
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:26
Last Modified: 03 Oct 2022 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item