PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PANTUN SISWA KELAS V MIN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

RISKA RACHMAWATI, 12210183084 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PANTUN SISWA KELAS V MIN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Rachmawati, Riska. NIM 12210183084. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card pada Keterampilan Membaca Teks Pantun Siswa Kelas V MIN 3 Blitar Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Media Flash Card, Keterampilan Membaca, Teks Pantun. Penelitian ini dilandasi oleh peneliti yang ingin mengetahui bahwa media flash card dapat diujicobakan pada pembelajaran keterampilan membaca teks pantun di MIN 3 Blitar. Adanya ujicoba media flash card dalam kemampuan keterampilan membaca teks pantun dapat membantu guru maupun siswa untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya ujicoba untuk membuktikan bahwa media flash card dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca teks pantun. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh media flash card terhadap keterampilan membaca teks pantun pada siswa kelas V MIN 3 Blitar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap keterampilan membaca teks pantun pada siswa kelas V MIN 3 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampling tidak dipilih secara random yang menjadikan siswa kelas V-A dan V-B sebagai sampel penelitian dengan total 68 siswa. Data dikumpulkan dengan melakukan tes. Data tes dianalisis menggunakan analisis statistik uji T dengan menghitung antara hasil keterampilan membaca teks pantun tanpa memanfaatkan media flash card dan hasil keterampilan membaca teks pantun yang memanfaatkan media flash card. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes keterampilan membaca teks pantun sebelum menggunakan media flash card memiliki rata-rata 64 sedangkan sesudah menggunakan media flash card memiliki rata-rata 91,6. Pada pengujian Paired Sample T-test dengan nilai thitung sebesar 3,721 lebih besar dari ttabel senilai 2,036. Jika nilai thitung lebih besar daripada ttabel maka Ha diterima. Pada hasil pengujian uji t diketahui nilai sig sebesar 0,001. Nilai sig 0,001 adalah nilai yang lebih kecil atau kurang dari 0,05 yang berarti Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media flash card memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca teks pantun pada siswa kelas V MIN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183084 Riska Rachmawati
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:17
Last Modified: 08 Aug 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29007

Actions (login required)

View Item View Item