STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (Studi Penelitian Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bojonegoro)

HIDAYATUL UMAH, 12404183008 (2022) STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (Studi Penelitian Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bojonegoro). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (849kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Penerimaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah (Studi Penelitian Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bojonegoro)” ini ditulis oleh Hidayatul Umah, NIM. 12404183008, pembimbing Ahmad Supriyadi M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, fundraising,Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Konteks penelitian ini adalah belum maksimalnya penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Bojonegoro. Serta masih rendahnya kesadaran masyarakatnya dalam membayar zakat,infak,dan sedekah. Dimana penghimpunannya belum berjalan searah dengan indeks pertumbuhan ekonomi daerah. Sehingga perlu di lakukan penelitian ini untuk mengetahui secara terstruktur strategi fundraising yang diterapkan di BAZNAS Bojonegoro. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana formulasi strategi fundraising dalam meningkatkan penerimaan dana zakat,infak,dan sedekah pada BAZNAS kabupaten Bojonegoro?; 2) Bagaimana implementasi strategi fundraising dalam meningkatkan penerimaan dana zakat, infak, dan sedekah pada BAZNAS kabupaten Bojonegoro?; 3) Bagaimana evaluasi strategi fundraising yang telah diterapkan di BAZNAS kabupaten Bojonegoro? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan strategi fundraising dalam meningkatkan penerimaan dana zakat, infak, dan sedekah pada BAZNAS kabupaten Bojonegoro. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informan. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Formulasi strategi fundraising yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Bojonegoro yaitu: sosialisasi, membentuk UPZ, dan konter ZIS.; 2) Implementasi strategi fundraising pada program sosialisasi dilakukan secara langsung dan tidak langsung dengan menggunakan media cetak dan media sosial, UPZ yang telah dibentuk menjalankan fungsi sebagai pengumpul dan zakat, infak,dan sedekah dari para ASN, Guru dan masyarakat, konter ZIS dilaksanakan dengan cara menjalin mitra dengan mall atau swalayan yang ada di Bojonegoro; 3) Evaluasi strategi fundraising yang dilakukan oleh BAZNAS kabupaten Bojonegoro pada masing-masing program baik sosialisasai, membentuk UPZ dan konter ZIS melalui dua jenis evaluasi, yaitu: evaluasi formatif dengan cara mengadakan rapat rutin internal bidang secara mingguan dan evaluasi sumatif dengan cara rapat bersama secara menyeluruh dengan upz lembaga dan relawan pada rapat tahunan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Infaq
Fiqih > Shodaqoh
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404183008 Hidayatul Umah
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:08
Last Modified: 08 Aug 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item