PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

ANEMIRA OCKTAVIA INDAH SOPINGI, 12204183038 (2022) PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematika pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Anemira Ocktavia Indah Sopingi, NIM. 12204183038, dosen pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar. Penalaran matematis siswa sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan kemandirian belajar matematika tinggi; 2) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan kemandirian belajar matematika sedang; 3) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan kemandirian belajar matematika rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. Kemudian dipilih 2 subjek dengan kemandirian belajar tinggi, 2 subjek dengan kemandirian belajar sedang, dan 2 subjek dengan kemandirian belajar rendah untuk dianalisa penalaran matematis yang dimiliki. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi lima indikator penalaran matematis, meskipun pada indikator Mengajukan dugaan strategi penelitian masih kurang terperinci. Jika siswa dengan kemandirian belajar tinggi maka kemampuan penalaran matematisnya juga tinggi; 2) Siswa dengan kemandirian sedang mampu memenuhi tiga indikator penalaran matematis, meskipun pada indikator Mengajukan dugaan strategi penelitian masih kurang terperinci. Tetapi pada kedua indikator lainnya yakni Menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan Menarik kesimpulan dari pernyataan tidak semua siswa selalu dapat memenuhinya. Jika siswa dengan kemandirian belajar sedang maka kemampuan penalaran matematisnya juga akan berada di tengah-tengah level bisa termasuk kategori bagus ataupun kurang; dan 3) Siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya mampu memenuhi satu indikator penalaran matematis saja yakni Mengajukan dugaan strategi penyelesaian meskipun masih kurang terperinci. Jika subjek dengan kemandirian belajar rendah maka kemampuan penalaran matematisnya juga rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183038 Anemira Ocktavia Indah Sopingi
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:17
Last Modified: 08 Aug 2022 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item View Item