ZANA TITIPAN, 12210183129 (2022) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL LELAKI HARIMAU KARYA EKA KURNIAWAN BERDASARKAN TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW DAN IMPLEMENTASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Salah satu karya fiksi berbentuk prosa adalah novel. Novel Lelaki Harimau ialah novel populer di Indonesia karya Eka Kurniawan. Lelaki Harimau bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Margio ditemukan membunuh tetangganya yang bernama Anwar Sadat. Pengungkapan tragedi pembunuhan Anwar Sadat menunjukkan perkembangan kepribadian dari kedua tokoh tersebut. Untuk menekuni kepribadian tokoh Margio dan Anwar Sadat diperlukan pendekatan psikologi sastra. Psikologi sastra adalah analisis aspek-aspek kejiwaan di dalam karya sastra. Lebih spesifik, teori yang digunakan adalah teori humanistik Abraham Maslow. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kepribadian tokoh dalam novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan, dan (2) pengimplementasian kepribadian tokoh dalam novel Lelaki Harimau terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literer. Data dalam penelitian ini ialah monolog, dialog, dan narasi yang yang terdapat dalam novel Lelaki Harimau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan membaca novel secara berulang, memberi kode pada teks sesuai instrumen, dan melakukan klasifikasi data sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tokoh Margio dan Anwar Sadat dapat memenuhi hierarki kebutuhan bertingkat dengan segala upaya yang mereka lakukan. Dalam pemenuhan kebutuhan bertingkat tersebut tampak perkembangan kepribadian Margio dari yang pengecut menjadi pemberani, percaya diri, supel, tangguh dan setia. Pemenuhan kebutuhan yang dilakukan Anwar Sadat menunjukkan ia memiliki kepribadian percaya diri, supel, dan cerdas, namun ia juga memiliki kepribadian suka bergantung kepada orang lain dan tidak setia. Analisis kepribadian lalu dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA. Pembelajaran sastra ini diterapkan pada kurikulum 2013 yaitu kompetensi dasar (KD) 3.9 yang berisi “menganalisis isi dan kebahasaan novel.” Sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu topik dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183129 ZANA TITIPAN |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 05:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 05:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29041 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL LELAKI
HARIMAU KARYA EKA KURNIAWAN BERDASARKAN
TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW DAN
IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA DI SMA. (deposited UNSPECIFIED)
- ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL LELAKI HARIMAU KARYA EKA KURNIAWAN BERDASARKAN TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW DAN IMPLEMENTASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. (deposited 08 Aug 2022 05:13) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |