MUHAMMAD FAISOL WAFA, 12201183368 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini di tulis oleh Muhammad Faisol Wafa, NIM 12201183368, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Peningkatan, Motivasi Belajar Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang dilakukan oleh guru yang berisikan serangkaian kegiatan yang dirancang khusus agar pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien serta tujuan pendidikan dapat tercapai. Dalam pendidikan, guru harus dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai hal tersebut guru diharapkan mempunyai strategi pembelajaran yang dapat menggugah siswa untuk belajar dengan semangat dan menyenangakan. Dalam hal ini, untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi belajar, guru Akidah Akhlak MTs Darul Falah Bendilajati Kuloan Sumbergempol Tulungagung memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan komptensi. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang di dapat adalah: (1) strategi guru dalam meningkatkan motiavsi belajar siswa diantaranya adalah dengan pemberian apresisasi berupa pujian, reward, nilai, dan hukuman. Guru juga menggunakan metode dan media pembelajaran diantaranya adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, media video, gambar, PPT, dan LCD Proyektor. (2) faktor pendukung peningkatan motivasi belajar siswa diantaranya adalah lingkungan, guru, pertemanan, cita-cita, dan tujuan awal. Kemudian untu faktor penghambatnya adalah kondisi kelas, cuaca, guru, mukim di pondok, fasilitas, dan lonjakan jumlah siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183368 MUHAMMAD FAISOL WAFA |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:05 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29047 |
Actions (login required)
View Item |