HUBUNGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI TEKANAN KELAS VIII MTsN 1 BLITAR

YOLAN NICOLA ARZANI, 12211183050 (2022) HUBUNGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI TEKANAN KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Tekanan Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Yolan Nicola Arzani, NIM. 12211183050, pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pengalaman belajar siswa, dimana siswa menemukan bahwa fisika adalah pelajaran yang sulit, dan ketika guru masuk, guru memberikan beberapa materi dan memberikan tugas. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi untuk belajar. Hasil belajar yang dicapai selama ini jauh di bawah harapan dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan masing-masing sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hubungan yang positif pendekatan SAVI terhadap motivasi? (2) Bagaimana hubungan yang positif pendekatan SAVI terhadap hasil belajar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan pendekatan SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar fisika dan seberapa signifikan keadaan hubungan tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar sebagai dasar untuk upaya peningkatan mutu pembelajaran. Bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar dapat meningkatkan motivasi serta minat siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran dan hasil belajar lebih meningkat. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai wawasan dan pengalaman praktis dibidang penelitian, selain itu hasil penelitian ini juga dapat sebagai bekal bila sudah menjadi tenaga pendidik. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tanggapan pendekatan SAVI dan motivasi siswa MTsN 1 Blitar yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang hasil belajar siswa MTsN 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pendekatan SAVI dengan motivasi dan hasil belajar fisika Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata rhitung lebih besar daripada nilai rtabel teoritik. Dengan demikian, hipotesis nilai antara pendekatan SAVI dengan motivasi dan hasil belajar fisika Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar termasuk dalam kategori “rendah” positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183050 Yolan
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:27
Last Modified: 26 Aug 2022 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item