NAILAL MUNA, 12208183101 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran di Dalam Kelas Pada Materi Bioteknologi Kelas IX MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Nailal Muna, NIM. 12208183101, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Guru, pengeloaan kelas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kultur pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Hal ini diketahui bahwa saat kegiatan pembelajaran banyak siswa yang mengantuk dan tertidur di dalam kelas akibat kegiatan pondok yang berlangsung hingga larut malam. Akibatnya kegiatan pembelajaran terasa membosankan dan kurang efisien terhadap siswa. Guru berperan penting dalam pengelolaan yang terjadi di dalam kelas untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran serta meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru berpengaruh terhadap kesuksesan belajar siswa, maka dari itu guru harus terampil dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas pada materi Bioteknologi kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas pada materi Bioteknologi kelas IX MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. 3) Mendeskripsikan evaluasi guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Bioteknologi kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mencatat hal yang menghasilkan catatan lapangan, pengamatan data, observasi, wawancara, mengisi lembar instrumen, mempelajari kata kunci, dan menganalisis tema sebagai upaya memahami secara holistik dari objek yang diteliti. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan peneliti, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru telah menyusun program perencanaan pembelajaran meliputi analisis alokasi waktu, kalender akademik dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Guru telah melaksanakan pembelajaran dengan beberapa keterampilan dalam mengajar meliputi keterampilan memberi penguatan, bertanya, menggunakan variasi dan menjelaskan 3) Guru mampu mengevaluasi pembelajaran dengan mengukur kompetensi yang telah dicapai oleh siswa dari setiap proses pembelajaran atau setelah beberapa unit pelajaran. Guru telah menyusun instrumen tes maupun non tes.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183101 NAILAL MUNA |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29062 |
Actions (login required)
View Item |