ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

NAILAL MUNA, 12208183101 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran di Dalam Kelas Pada Materi Bioteknologi Kelas IX MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Nailal Muna, NIM. 12208183101, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Guru, pengeloaan kelas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kultur pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Hal ini diketahui bahwa saat kegiatan pembelajaran banyak siswa yang mengantuk dan tertidur di dalam kelas akibat kegiatan pondok yang berlangsung hingga larut malam. Akibatnya kegiatan pembelajaran terasa membosankan dan kurang efisien terhadap siswa. Guru berperan penting dalam pengelolaan yang terjadi di dalam kelas untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran serta meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru berpengaruh terhadap kesuksesan belajar siswa, maka dari itu guru harus terampil dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas pada materi Bioteknologi kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas pada materi Bioteknologi kelas IX MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. 3) Mendeskripsikan evaluasi guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Bioteknologi kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mencatat hal yang menghasilkan catatan lapangan, pengamatan data, observasi, wawancara, mengisi lembar instrumen, mempelajari kata kunci, dan menganalisis tema sebagai upaya memahami secara holistik dari objek yang diteliti. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan peneliti, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru telah menyusun program perencanaan pembelajaran meliputi analisis alokasi waktu, kalender akademik dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Guru telah melaksanakan pembelajaran dengan beberapa keterampilan dalam mengajar meliputi keterampilan memberi penguatan, bertanya, menggunakan variasi dan menjelaskan 3) Guru mampu mengevaluasi pembelajaran dengan mengukur kompetensi yang telah dicapai oleh siswa dari setiap proses pembelajaran atau setelah beberapa unit pelajaran. Guru telah menyusun instrumen tes maupun non tes.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183101 NAILAL MUNA
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:06
Last Modified: 21 Sep 2022 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29062

Actions (login required)

View Item View Item