PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE TO BE A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 KERTOSONO

DINDA SEPTI ANGGRAINI, 12204183123 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE TO BE A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 KERTOSONO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Kertosono” ditulis oleh Dinda Septi Anggraini, NIM 12204183123 dengan dosen pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Suatu proses pembelajaran matematika model pembelajaran menjadi hal yang penting bagi pendidik, Dengan menerapkan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here, dengan harapan siswa untuk lebih memiliki dorongan dalam belajar dan menumbuhkam rasa ingin tahu yang tinggi untuk menyampaikan pendapatnya kepada teman-temannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono. 2) Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono. 3) Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) terhadap keduanya hasil dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen semu (quasy eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono yang menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada masing-masing kelas sampel terdapat 32 siswa sehingga jumlah populasi pada penelitian ini adalah 64 siswa. Penelitian ini meggunakan instrument Kuesioner dan Post Test. Kedua instrument telah melalui tahap uji validitas dan reliabilitas, dan data hasil penelitian diolah dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Tahap terakhir untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak peneliti melakukan dengan menggunakan uji manova dengan bantuan SPSS 16. Hasil uji manova yang dilakukan menyatakan 1) Ada Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Kertosono. 2) Ada Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) Terhadap Motivasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Kertosono. 3) Ada Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone to be a Teacher Here (ETH) Terhadap keduanya Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Kertosono. Pengaruh yang diberikan berupa pengaruh positif. Pengaruh yang diberikan berupa pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai hasil kuesioner siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kuesioner siswa kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183123 DINDA SEPTI ANGGRAINI
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:42
Last Modified: 18 Aug 2022 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29073

Actions (login required)

View Item View Item