PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS 4 DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TAHUN AKADEMIK 2021/2022

NOVELLA NURKHUSUMA PUTRI, 12205183042 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS 4 DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TAHUN AKADEMIK 2021/2022. [ Skripsi ]

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran pendidik masih cenderung verbalisme dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kebanyakan siswa dalam pembelajaran hanya mendengarkan ceramah guru,kemudian mencatat materi yang telah disampaikan oleh guru dan kebanyakan siswa tidak mengerti oleh penjelasan tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional tersebut yang menyebabkan siswa cenderung bergantung pada guru untuk mendapatkan mata pelajaran. Peneliti bereksperimen menerapkan video animasi pembelajaran untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skirpsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022 ? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar afektif siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022 ? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar psikomotorik siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022 ? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022 (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar afektif siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022 (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar psikomotorik siswa mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment. Pengumpulan data menggunakan tes,angket,observasi dan dokumentasi. Tes digunakan sebagai pengumpulan data hasil belajar kognitif, angket sebagai pengumpulan data hasil belajar afektif, observasi sebagai pengumpulan data psikomotorik dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data sarana prasarana, jumlah siswa, jumlah guru dan foto kegiatan pembelajaran. Validitas dan reabilitas digunakan untuk menguji instrumen penelitian sebelum tes, angket, dan penilaian unjuk kerja dibagikan ke responden. Uji t dan koefisien determinasi digunakan untuk menguji ketiga hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05, dengan nilai R square 0,812. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dengan besaran pengaruh 81,2% ( 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar afektif siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05, dengan nilai R square 0,006. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dengan besaran pengaruh 0,6% (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar psikomotorik siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig sebesar 0,014 lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05, dengan nilai R square 0,059. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dengan besaran pengaruh 5,9%

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183042 NOVELLA NURKHUSUMA PUTRI
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:23
Last Modified: 09 Aug 2022 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29099

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item