SALMA TALENTA ANGGRAINI, 12205183198 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR ANAK PEYANDANG DISABILITAS DI SDN BURENGAN 5 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (628kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (457kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
ABSTRAK Salma Talenta Anggraini NIM 12205183198. 2022. “Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Anak Penyandang Disabilitas Di SDN Burengan 5 Kota Kediri ”, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Dosen pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil. I. Kata Kunci: Strategi guru, kualitas belajar, disabilitas Anak- anak disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan anak normal, namun fenomena yang ada anak masih di beda- bedakan dalam proses pembelajaran dalam fenomena ini peneliti belum menemukan bahwa di MI belum ada sekolah yang didalamnya ada siswa normal dan siswa disabilitas. Dalam pengelolaan pembelajaran didalam ruang kelas yang di dalamnya beragam peserta didik. Beragam anak didk yang di maksud oleh peneliti yaitu ada anak normal dan anak disabilitas, pengelolaan model pembelajaran yang seperti ini membutuhkan strategi yang sangat khusus dari seorang guru. Dalam hal ini peneliti menemukan salah satu sekolah yaitu SDN Burengan 5 Kota Kediri. Sekolah ini mengelola peserta didik yang beragam baik normal maupun disabilitas. Tujuan dari peneliti mengangkat topik penelitian ini diharapkan dari hasil penelitian ini dapat di kembangkan dan diterapkan di MI agar mampu menampung anak- anak yang disabilitas yang ingin belajar dan bermain di sekolah normal. Dalam satu kelas terdapat beberapa diagnosis kelainan yang di alami oleh siswa, dengan rencana pendidikan sama dengan anak normal siswa disabilitas harus mampu mengikuti memahami materi yang harus mapu mengikuti rencana pembelajaran hingga hasil akhir di peroleh dan diakatakan pembelajaran tersebut berhasil dilalui. Pendidik harus mampu menciptakan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan anak didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Perencanaan strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota kediri. (2) Pelaksanaan strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota kediri. (3) Evaluasi strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota Kediri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah perencanaan stretegi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota kediri. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota kediri. (3) Mendeskripsikan evaluasi strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota Kediri. Hal tersebut berjtujan untuk mengetahui strategi yang dilakukan di SDN Burengan 5 dengan memiliki siswa normal dan disabilitas didalam satu pembelajaran yang dapat berajalan sesuai rencana pembelajran, agar dapat di terapkan dan menjdi bahan perkmabangan dunia pendidikan di khususnya jenjang MI. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan cek keabsahan menggunakan trianggulasi sumber dan tri anggulasi teknik. Hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: ada beberapa rencanaan yang di kemukakan dengan 3 hal tersbut(1)Pelaksanaan strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota Kediri yaitu yang pertama melakukan diagnosis anak terdahulu yang dilakukan oleh psikiater yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah, berikutnya guru melakukan perencanaan dengan membuat RPP yang sesuai dengan pembelajaran yang akan di ajarkan menggunakan jenis startegi ekspositori (2) Pelaksanaan strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota kediri ada faktor dengan melakukan pendekatan, menggunakan media yang tepat, melakukan kerjasaa antara pendidik dnegan orang tua, serta memberikan nasehat dan contoh yang baik kepada peserta didik disbailitas. Menggunkan inquiri dan berbasis masalah karena anak didik diajrkan untuk belajar nemukan hasil dari pertanyaan (3) Evaluasi strategi dalam meningkatkan kualitas belajar anak penyandang disabilitas di SD Burengan 5 kota Kediri. Dengan enis kkoperatif atau bekerjasama anatara satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan dengan berkelompok untuk mecapai tujuan bersama evaluasi di lembaga akan lebih mudan dan tepat dilakukan oleh lembaga.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183198 TALENTA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 08:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29100 |
Actions (login required)
View Item |