STRATEGI LAYANAN DELIVERY ORDER MELALUI GRAB FOOD DAN GO FOOD TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KULINER (Studi Kasus Nasi Goreng AG Mas Kumis Parungpanjang Kabupaten Bogor)

YAN MUHAMMAD SODHIQ, 12402183034 (2022) STRATEGI LAYANAN DELIVERY ORDER MELALUI GRAB FOOD DAN GO FOOD TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KULINER (Studi Kasus Nasi Goreng AG Mas Kumis Parungpanjang Kabupaten Bogor). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (909kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Layanan Delivery Order Melalui Grabfood Dan Gofood Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner (Studi Kasus Nasi Goreng AG Mas Kumis Parungpanjang Kabupaten Bogor)” ini ditulis oleh Yan Muhammad Sodhiq, NIM 12402183034, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Prof. Dr. Ngainun Naim, S.Ag., M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi, kehadiran layanan gofood dan grabfood yang merupakan sebuah fitur pesan antar makanan yang dikembangkan oleh aplikasi Gojek dan Grab sangat membantu para pengusaha kuliner dalam menjalankan usahanya. Melihat tingkat penjualan dan rating pada usaha kuliner Nasi Goreng AG Mas Kumis yang cukup tinggi. Realita ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian terkait strategi layanan pesan antar melalui kedua aplikasi tersebut terhadap peningkatan penjualan. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi penjualan melalui grabfood terhadap peningkatan penjualan usaha kuliner Nasi Goreng AG Mas Kumis? 2) Bagaimana strategi penjualan melalui gofood terhadap peningkatan penjualan usaha kuliner Nasi Goreng AG Mas Kumis? 3) Apa saja kelebihan dan kekurangan menjalankan strategi penjualan usaha kuliner melalui grabfood dan gofood. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mencapai standar kredibilitas hasil penelitian setidak-tidaknya menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan : 1) Terjadi peningkatan penjualan semenjak menggunakan layanan pesan antar melalui grabfood. Hal ini dikarenakan layanan tersebut sangat membantu pengusaha kuliner dalam bentuk pemasaran dan meningkatkan penjualan. 2) Terdapat peningkatan penjualan semenjak menggunakan layanan gofood. Hal ini terjadi karena pelaku usaha kuliner dapat melihat performa penjualan didalam aplikasi gofood sehingga dapat menyusun strategi kedepannya agar tingkat penjualan terus meningkat 3) Selain itu terdapat beberapa keuntungan salah satunya yaitu menjadi salah satu media promosi agar produk lebih dikenal oleh calon pembeli yang mengakibatkan memperluas cakupan pemasaran sehingga tingkat penjualan menjadi meningkat. Dibalik keuntungan tersebut, terdapat beberapa kekurangan dalam menjalankan strategi tersebut yaitu sering terjadi kendala teknis pada aplikasi dan pada saat proses pengantaran pesanan. Kata kunci : Layanan Pesan Antar, Usaha Kuliner, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183034 YAN MUHAMMAD SODHIQ
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:58
Last Modified: 09 Aug 2022 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item