SYAFIUL ARDI FIRMANSYAH, 12210183113 (2022) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Novel merupakan karya fiksi dengan bentuk prosa. Salah satu novel populer di Indonesia ialah Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Minke yang hidup pada masa sebelum kemerdekaan. Minke mengalami berbagai masalah sosial yang membentuk kepribadiannya. Untuk mendalami kepribadian dari Minke, perlu adanya pengkajian kepribadian Minke melalui pendekatan psikologi sastra. Pendekatan psikologi sastra ialah suatu kegiatan analisis karya sastra untuk mengetahui gejala kejiwaan tokoh dalam sebuah karya sastra. Salah satu teori psikologi yang dapat digunakan ialah teori psikologi humanistik atau teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kepribadian tokoh utama yang ditemukan dalam novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer, (2) mengimplementasikan kepribadian tokoh utama novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa dialog, monolog, dan narasi dalam novel berjudul Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap, yaitu membaca novel secara berulang-ulang, memilih instrumen penelitian, memberi kode pada teks yang ditemukan berdasarkan kriteria instrumen, melakukan klasifikasi data berdasarkan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hirarki kebutuhan tokoh Minke yang terpenuhi ialah (1) kebutuhan fisiologis dengan terpenuhinya kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, dan seks: (2) kebutuhan akan rasa aman terpenuhi oleh perlindungan diri dari Annelies Mellema dan Nyai Ontosoroh: (3) kebutuhan akan rasa cinta dan dimiliki diperoleh dari Jean Marais, Annelies Mellema, Nyai Ontosoroh, Annelies Mellema, dan Miriam de la Croix; (4) kebutuhan akan penghargaan diri diperoleh dari statusnya sebagai priayi dan kecerdasan yang Minke miliki; (5) kebutuhan akan aktualisasi diri ditunjukkan pengembangan potensi Minke secara maksimal. Pemenuhan akan kebutuhan Minke ini kemudian dikaitkan dengan pembelajaran sastra yakni kompetensi Dasar (KD) 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183113 SYAFIUL ARDI FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:59 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29116 |
Actions (login required)
View Item |