INDAH NUR AINI, 12204183237 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII MTSN 4 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya berpusat kepada guru sehingga pembelajaran matematika menjadi membosankan bagi siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat pemahaman siswa dan prestasi belajar matematika rendah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang relevan dan menyenangkan sehingga kedepannya siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap minat belajar siswa MTsN 4 Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa MTsN 4 Blitar, 3) Untuk mengetahui besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap minat siswa, dan 4) Untuk mengetahui besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian dengan desain Posttest-only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 4 Blitar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan Uji t dua sampel bebas (Independent sample t-test) dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap minat belajar siswa materi segitiga kelas VII MTsN 4 Blitar 2) Besar pengaruh minat belajar sebesar 1,076 adalah tinggi 3) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa materi segitiga kelas VII MTsN 4 Blitar 4) Besar pengaruh hasil belajar sebesar 0,976 adalah tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga kelas VII MtsN 4 Blitar tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183237 indah nur aini |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29134 |
Actions (login required)
View Item |