PERAN GURU DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PESERTA DIDIK KELAS IV MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

TITA LUTFI FARIDAWATI, 12205173231 (2022) PERAN GURU DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PESERTA DIDIK KELAS IV MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz Amma Peserta Didik Kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” yang ditulis oleh Tita Lutfi Faridawati, NIM: 12205173231, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dengan dosen pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci: Peran Guru, Menghafal Juz Amma, Pembelajaran daring. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi covid- 19 yang memberikan dampak salah satunya pada dunia pendidikan. Padahal, pendidikan memiliki peranan strategis dalam meningkatkan kecerdasan dan kulitas sumber daya manusia. Selama pandemi covid-19 sejumlah lingkungan pendidikan harus membatasi diri guna mengurangi interaksi secara langsung dengan menerapkan belajar jarak jauh. Dalam hal ini, guru merupakan sosok penting dalam proses pembelajaran. Pentingnya peran guru sebagai pendidik sangat diharapkan untuk membantu mewujudkan tujuan hidup para peserta didik meskipun dalam kondisi pandemi sekalipun. Salah satu ilmu pendidikan yang paling penting untuk bekal masa depan adalah pendidikan agama. Dalam islam, pendidikan agama berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an. Salah satu cara untuk memelihara kemurnian Al-Qur’an adalah dengan cara menghafal. Dalam hal ini, dibutuhkan peran penting guru untuk dapat meningkatkan hafalan peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. (2) Bagaimanakah peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. (3) Bagaimanakah peran guru sebagai edukator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai edukator dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz amma peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di masa pandemi covid-19. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi wawancara tidak tersetruktur yang dilakukan kepada beberapa narasumber. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Peranan guru sebagai fasilitator adalah dengan menyediakan fasilitas penunjang yang meliputi program-program seperti Ngaji Morning, One day one surat, dan Partner Ngajiku (2) Peranan guru sebagai motivator adalah dengan memberikan motivasi berupa pujian, nasihat dan hadiah kepada siswa berupa sertifikat juz 30 bagi yang mampu menyelesaikan hafalannya hingga tuntas (3) Peranan guru sebagai edukator atau pendidik adalah dengan memberikan arahan, ilmu, dan contoh yang baik sebagai teladan bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173231 TITA LUTFI FARIDAWATI
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:15
Last Modified: 18 Aug 2022 01:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item