PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI HAJI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

AHMAD FAQIH MUBAROK, 12201173360 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI HAJI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 pada Materi Haji Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Faqih Mubarok, NIM.12201173360, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu N., SS., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Adobe Flash CS 6. Kurangnya semangat dan minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran fiqih dengan model pembelajaran saat ini khususnya materi tata cara ibadah haji yang membutuhkan pemahaman tanpa harus peserta didik mempraktikkannya secara langsung, menjadi latar belakang terjadinya penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan peneliti pada praktik magang I dan II, saat itu banyak ditemukan berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran apalagi dalam pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemi covid- 19. Peserta didik banyak yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan oleh berbagai kendala khususnya masalah jaringan internet. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan e- learning madrasah tentunya membuka jaringan internet yang kuat untuk membukanya. Selain itu, pendidik hanya menyampaikan materi berbentuk word atau pdf melalui e- learning kemudian peserta didik mengerjakan soal, sehingga pembelajaran dirasa membosankan oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan perancangan dan pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan multimedia interaktif dalam bentuk aplikasi android dengan media pengajaran cukup menggunakan whatsapp. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimanakah langkah- langkah pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran fiqih kelas VIII materi haji di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimanakah tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran fiqih kelas VIII materi haji di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran fiqih kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau RnD yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX C MTs Assyafi’iyah Gondang dengan jumlah 25 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari analisis awal, angket validasi, angket respon peserta didik, serta nilai pre test dan post test. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat kevaidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil uji validasi dari validator ahli media menunjukkan angka 80,83% dari rata- rata keseluruhan dan telah dinyatakan valid. Validasi dari ahli materi menunjukkan angka 81,90% dan juga sudah dinyatakan valid. Sedangkan hasil validasi guru mata pelajaran fiqih menunjukkan angka 92% dan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik menunjukkan angka 87,80% yang masuk dalam kriteria praktis. Pernyataan para validator menyatakan layak digunakan. Tabulasi nilai post test menunjukkan angka 84% nilai ketuntatasan. Analisa pengamatan menunjukkan rata- rata 28% dari peserta didik yang bertanya yang masuk dalam kriteria layak digunakan. Hasil uji keefektifan dengan uji parametik uji beda menggunakan paired sample t test menunjukkan hasil signifikansi 0,000 yang merupakan kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan data pre test dan post test terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173360 AHMAD FAQIH MUBAROK
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:12
Last Modified: 16 Sep 2022 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29214

Actions (login required)

View Item View Item