KHOIRUL MUNA, 12212183012 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Khoirul Muna, NIM. 12212183012, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya latihan siswa mengerjakan soal-soal yang menantang dapat menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat menuntut siswa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental dan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang terdiri dari 5 kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 5 (kelas eksperimen). Sampel penelitian diperoleh melalui teknik probability sampling jenis simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji manova. Metode yang digunakan yaitu tes berupa 5 soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan 5 soal uraian untuk mengukur hasil belajar siswa serta wawancara untuk memperkuat hasil tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang dibuktikan dengan thitung > ttabel atau 4,092 > 1,663 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang dibuktikan dengan thitung > ttabel atau 2,552 > 1,663 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,012 < 0,05. 3) Ada pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang dibuktikan dengan Fhitung = 12,356 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Kimia Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183012 Khoirul Muna |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29241 |
Actions (login required)
View Item |