PERAN GURU DALAM RUTINITAS MEMBACA SURAT YASIN SEBELUM PEMBELAJARAN DIMULAI DI MTS QOMAR TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ZAINUL MUSTOFA, 12201183271 (2022) PERAN GURU DALAM RUTINITAS MEMBACA SURAT YASIN SEBELUM PEMBELAJARAN DIMULAI DI MTS QOMAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Rutinitas Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Dimulai di Mts Qomar Tulungagung”, ditulis oleh Muhammad Zainul Mustofa, NIM. 12201183271, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M. Pd. Kata Kunci: Peran, Guru , Surat Yasin. Penelitian ini didasarkan pada konteks fenomena di lapangan bahwa menciptakan dan mendidik peserta didik dengan melakukan rutinitas kehidupan yang baik yang menggabungkan antara kehidupan dunia dan akhirat itu sangat penting sekali, apalagi di zaman yang serba canggih seperti ini. Tempat penelitian ini berada di Mts Qomar Tulungagung. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung? 2) Apa hal- hal yang mendukung dan menghambat guru dalam rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung ? 3) Bagaimana evaluasi guru dalam rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung ?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung. Mendeskripsikan hal-hal yang mendukung dan menghambat guru dalam rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung. Mendeskripsikan evaluasi guru dalam rutinitas membaca surat yasin sebelum pembelajaran dimulai di Mts Qomar Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Qomar Tulungagung, data penelitian didapatkan dari kepala sekolah, guru , peserta didik kelas VIII dan IX. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses Rutinitas Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Dimulai Di Mts Qomar Tulungagung dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu setelah bel masuk berbunyi para peserta didik dan guru memasuki kelasnya masing-masing, berdoa Bersama, surat yasin dibagikan kepada peserta didik, dibaca secara bersamaan, surat yasin dikembalikan ke meja guru dan pembelajaran sekolah dapat dimulai dengan baik. Hal-hal Yang Mendukung Dan Menghambat Guru Dalam Rutinitas Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Dimulai Di Mts Qomar Tulungagung, Adapun aspek pendukungnya yaitu Peserta didik sudah lancar membaca surat yasin, bapak dan Ibu Guru Mts Qomar sudah lancar membaca surat yasin, dan tercukupinya persediaan surat yasin di setiap kelas. Sedangkan aspek penghambat lancarnya rutinitas tersebut antara lain peserta didik kurang lancar membaca surat yasin, bapak dan Ibu Guru Mts Qomar Kurang lancar membaca surat yasin, dan kurang tercukupinya persediaan surat yasin di setiap kelas. Evaluasi Guru Dalam Rutinitas Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Dimulai Di Mts Qomar Tulungagung yaitu memberikan Hukuman bagi peserta didik yang dating terlambat dan memberikan Bimbingan Belajar kepada peserta didik yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an khususnya surat yasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183271 MUHAMMAD ZAINUL MUSTOFA
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:56
Last Modified: 10 Aug 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29256

Actions (login required)

View Item View Item