NELI ELVI MARDIANA, 12405183041 (2022) STRATEGI PEMASARAN GUNA MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA PADA UD. RAHMA DESA KARANGREJO KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Guna Mempertahankan dan Mengembangkan Usaha UD Rahma Desa Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek di masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Neli Elvi Mardiana, NIM. 12405183041. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pandemi Covid-19 yang berdampak pada pendapatan ekonomi masyarakat, maka dari itu perlu adanya strategi pemasaran yang tepat supaya dapat bertahan dan mengembangkan usaha dalam menghadapi persaingan antar usaha toko dan adanya masa pandemi Covid- 19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran yang diterapkan pada UD. Rahma di masa pandemi Covid-19, menganalisa cara mempertahankan usaha pada UD. Rahma di masa pandemi Covid-19, menganalisa cara mengembangkan usaha pada UD. Rahma di masa pandemi Covid-19, menganalisa apa saja permasalahan yang timbul pada UD. Rahma karena adanya pandemi Covid-19, dan untuk menganalisa solusi yang diterapkan pada UD. Rahma pada saat menghadapi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu perencanaan strategi pemasaran yang digunakan dengan membuat inovasi-inovasi terbaru, membuat cabang toko dengan produk barang yang beraneka ragam, menjadikan karyawan yang memiliki semangat berwirausaha, ramah sopan terhadap pelanggan, menerapkan menerapkan promo pada produk dan event tertentu dan juga dilevery order. Cara mempertahankan usaha pada masa pandemi Covid-19 yaitu pertama meningkatkan akses produktifias dengan melakukan perluasan toko dan membuka cabang. Upaya dalam meningkatkan akses pada pasar dalam mengembangkan usaha dengan menerapkan manajemen 4P yaitu product, price, place dan promotion. Serta menjalin kerjasama kemitraan dengan pelanggan yang loyal dapat promosi dari mulut ke mulut dan melakukan pemasaran lewat media online. Permasalahan yaitu yang pertama adalah pada waktu awal pandemi mengalami penurunan pendapatan. Solusinya yaitu dengan menambah cabang, giat melakukan promosi melalui sosial media, dan tetap menyediakan kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Mempertahankan, Mengembangan, Covid-19
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183041 Neli Elvi Mardiana |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 02:53 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29259 |
Actions (login required)
View Item |