STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI

HENNY SAVIRA SHARMA, 12201183276 (2022) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religiua Peserta Didik Di MTsN 5 Kediri”, ini ditulis oleh Henny Savira Sharma, NIM. 12201183276. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Islam (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kuci: Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Karakter Religius, dan Akhlak Terpuji Peneltian ini dilatar belakangi oleh munculnya fenomena tentang menurunnya kualitas akhlak dimana-mana, seperti perampokan, pemerkosaan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan yang disalah gunakan menjadi pemicu kejahatan lainnya. Dengan perkembangan tersebut menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh terutama dampak negative bagi semua kalangan, terutama untuk para siswa. Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan strategi yang sesuai dan efektif. Di MTsN 5 Kediri guru telah melakukan strategi guna membentuk karakter religius mencapai tujuan dari pembinaan akhlak terpuji. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Dalam Hal Disiplin Di MTsN 5 Kediri?, (2) Bagaimana Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Dalam Hal Tolong-menolong Di MTsN 5 Kediri?, (3) Bagaimana Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Dalam Hal Amanah Di MTsN 5 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN 5 Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian: (1) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Hal Disiplin yaitu strategi ekspositori yang menekankan kepada penyampaian materi secara verbal saat pembelajaran berlangsung, untuk menanamkan sikap religus berupa sikap disiplin, pelaksanaan strategi tersebut didukung oleh keteladanan guru, pembiasaan, sering memberikan nasehat-nasehat, dan selalu memberi perhatian, tak lupa juga memberikan hukuman. (2) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dal am Hal Tolong menolong yaitu strategi kooperatif dan strategi berbasis masalah (Problem based learning), strategi tersebut juga didukung oleh pembiasaan diskusi. Sedangkan strategi sikap Tolong menolong diluar kelas yaitu pembiasan sikap gotong royong ketika berada di MTsN 5 Kediri (3) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Hal Amanah yaitu strategi afektif, pelaksanaan strategi tersebut didukung oleh pembiasaan dan suri tauladan. Strategi sikap Amanah diluar kelas diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan meliputi sikap saling menghargai antar sesama dan kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183276 HENNY SAVIRA SHARMA
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:50
Last Modified: 11 Aug 2022 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item