AIDA NUR SHAFIRA ROSYADI, 12206183096 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI DI RA NURUL HUDA BANJAREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (913kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah di RA Nurul Huda Banjarejo Tulungagung” ini ditulis oleh Aida Nur Shafira Rosyadi, NIM 12206183096, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi guru, Akhlakul Karimah, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena anak yang berperilaku kurang baik, karena dampak perilaku yang dilakukan oleh orang dewasa di lingkungan anak. Hal tesrebut akan berdampak buruk pada anak terutama pada aspek karakter akhlakul karimah anak. Pada fase golden age anak mudah sekali menirukan apa yang dilihat dan didengarnya. Dengan fenomena yang ada peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi guru dalam membangun karakter akhlakul karimah anak usia dini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam membangun karakter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam membangun karakter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam membangun kaarkter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo?Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam membangun karakter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam membangun karakter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam membangun karakter akhlakul karimah siswa RA Nurul Huda Banjarejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian fenomenalogi yaitu hal yang benar terjadi di lapangan. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yaitu menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran lembaga menggunakan perencanaan pembelajaran harian (RPPH) agar dapat meningkatkan kemampuan anak terutama pada aspek karakter akhlakul karimah. (2) Pelaksanaan guru dalam membangun karakter akhlakul karimah anak meliputi penerapan metode keteladanan, pembiasaan, pembinaan disiplin, dan pemberian reward. Guru juga mengajak anak untuk menghafalkan asmaul khusna, doa sehari-hari, dan surat pendek (juz 30). (3) Evaluasi perilaku peserta didik pada lembaga dengan melalui nasehat yang membutuhkan kesabaran dan ketelatelan guru. Melalui evaluasi guru dapat mengumpulkan hasil capaian anak pada setiap harinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183096 AIDA NUR SHAFIRA ROSYADI |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:23 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29301 |
Actions (login required)
View Item |