STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI MANAJEMEN PRODUKSI PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar)

DIMAS HAYDAR ACHMAD, 12402173669 (2022) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI MANAJEMEN PRODUKSI PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan melalui Manajemen Produksi Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Dimas Haydar Achmad, NIM. 12402173669 dengan Pembimbing Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya faktor-faktor yang timbul dalam loyalitas pelanggan. Diantaranya kepuasan, ikatan emosi, kepercayaan, kemudahan dan pengalaman dengan perusahaan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, sebuah perusahaan harus mempunyai strategi-strategi untuk dieterapkan. Pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur dalam mempertahankan loyalitas pelanggan mereka menerapkan beberapa aspek dalam manajemen produksi yang berupa perencanaan, pengendalian, dan pengawasan produksi untuk menciptakan loyalitas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi prespektif ekonomi Islam pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana kekuatan dan kelemahan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi prespektif ekonomi Islam pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar? Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis studi lapangan yang mencari aspek-aspek keterkaitan dari manajemen produksi dan analisis faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan pada perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Serta untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi prespektif ekonomi Islam pada Home Industry Roti Gambasan Jaya Makmur di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi prespektif ekonomi islam adalah melakukan perencanaan produksi dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas produk, melakukan pengendalian produksi dengan melaksanakan tahapan perencanaan produksi yang sesuai dengan sasaran, dan melakukan pengawasan produksi dengan mempertahankan kualitas dan efisiensi waktu. 2) Faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu industri milik pribadi, memiliki izin usaha dan hak merek, produk yang dihasilkan tetap dan sesuai dengan ciri khas, mempertahankan kualitas produk dengan menjaga hubungan baik antar pemilik dengan karyawan. Faktor kelemahannya produksi dilakukan dengan waktu yang tidak pasti, tidak memanfaatkan kecanggihan tekonologi sebagai media pemasaran. Kata Kunci : Loyalitas Pelanggan, Manajemen Produksi, Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Customer
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173669 DIMAS HAYDAR ACHMAD
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:50
Last Modified: 12 Aug 2022 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29376

Actions (login required)

View Item View Item