PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN SMPI SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG

AHMAD MUHAJIR ROMADHON, 12204183293 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN SMPI SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap Kemampuan Representasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Muhajir Romadhon, NIM. 12204183293, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Diskursus Multi Representasi, Kemampuan Representasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pada zaman sekarang bahwa banyak guru yang melakukan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang hal itu dapat menjadikan siswa kurang aktif dan merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan representasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi bilangan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 465 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi siswa kelas VII pada materi bilangan. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova test of between-subjects effects, diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003. 2) Ada pengaruh model pembelajaran DMR terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi bilangan. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova test of between-subjects effects, diperoleh nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,004. 3) Ada pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi bilangan. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova diperoleh nilai keempat P-value (sig) untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,009.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183293 Ahmad
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:36
Last Modified: 12 Aug 2022 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29389

Actions (login required)

View Item View Item