PENGARUH PEMASARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP PREFERENSI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN DI BSI KANTOR CABANG BLITAR

DINI PURNAMA SARI, 12401173504 (2022) PENGARUH PEMASARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP PREFERENSI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN DI BSI KANTOR CABANG BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Preferensi Generasi Milenial Dalam Memilih Produk Tabungan di BSI KC Blitar” yang ditulis oleh Dini Purnama Sari, NIM. 12401173504 pembimbing Prof. Dr. Iffatin Nur, M. Ag. Pemasaran merupakan salah satu cara yang digunakan dalam mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli produk atau jasa yang ditawarkan melalui pertukaran informasi dan komunikasi antara penjual dan calon konsumen. Komunikasi yang dilakukan dapat berbentuk 2 jenis yakni pemasaran langsung dan tidak langsung. Dalam hal ini, pemasaran langsung dan tidak langsung dilakukan sebagai stimulus pengambilan keputusan atau preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan di BSI Kantor Cabang Blitar. Preferensi nasabah menjadi suatu hal yang penting diketahui, khususnya dalam bisnis jasa keuangan di bank. Dalam memasarkan produk dan layanannya, perbankan juga harus mengetahui kecenderungan dari salah satu segmen yang akan di tuju. Sesuai dengan arahan presiden RI, Joko Widodo dalam peresmian Bank Syariah Indonesia 1 Februari 2021, BSI harus bisa menyasar generasi milenial. Mengingat Indonesia saat ini mengalami bonus demografi dengan sebagian besar penduduknya adalah kalangan usia produktif atau sering disebut generasi milenial yang sangat erat dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi yang menjelaskan hubungan variabel bebas pemasaran langsung dan tidak langsung terhadap variabel terikat preferensi nasabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan total 100 responden usia 15-34 tahun yang akan membuka atau sudah memiliki tabungan di BSI dengan instrument penelitian berupa kuisioner. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah menggunakan aplikasi statistik (SPSS) menggunakan metode analisis regresi linier berganda, di mana data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas setelah itu dilakukan uji asumsi klasik dan uji parsial (uji-t). Hasil uji analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan sebagai berikut: Y= 5,784 + 0,080X1 + 0,146X2 + e Pengujian hipotesis uji-t menunjukan bahwa nilai perolehan t-hitung variabel pemasaran langsung sebesar 2,859 sedangkan pemasaran tidak lansgung sebesar 3,432. Hasil perolehan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 0,67725. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak, H1 dan H2 diterima. Hasil penelitian melalui uji-t menunjukan pemasaran langsung dan tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perferensi nasabah. Kata kunci: Pemasan langsung, pemasaran tidak langsung, preferensi nasabah, generasi milenial, Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173504 DINI PURNAMA SARI
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:12
Last Modified: 15 Aug 2022 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29396

Actions (login required)

View Item View Item