STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK RAMBAK JAYA LESTARI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

NABILLA SAFRILIA, 12405183360 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK RAMBAK JAYA LESTARI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan (Analisis Studi pada Home Industry Kerupuk Rambak Jaya Lestari di Kelurahan Panggungrejo Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Nabilla Safrilia, NIM 12405183360, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu usaha home industry yang memiliki potensi untuk berkembang secara luas. Tingginya kepercayaan masyarakat akan produk kerupuk rambak tersebut menjadikan produk ini mengalami banyak permintaan. Namun terdapat beberapa hal yang menghambat perkembangan industri ini. Karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian ini. Home Industri Jaya Lestari adalah salah satu usaha kerupuk rambak di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung. Industri ini merupakan makanan khas daerah Tulungagung yang bahan bakunya adalah kulit sapi atau kulit kerbau. Usaha ini cukup berkembang dengan adanya data penjualan yang dimiliki yaitu omzet penjualan yang bisa mencapai maksimal 30 kg per bulan. Meskipun itu bersifat tidak menentu. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada home industry Jaya Lestari? 2) Apa kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjulan pada home industry Jaya Lestari? Metode yang digunakan penulis dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatannya berupa pendekatan deskriptif. Sementara itu, sumber data dibedakan menjadi dua, yaitu data primer yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi di lokasi penelitian yaitu home industry kerupuk rambak Jaya Lestari. Sedangkan data sekunder didapatkan dari sumber-sumber kepustakaan. Teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha Jaya Lestari belum maksimal namun sudah cukup baik. Ini dikarenakan adanya kendala-kendala lapangan seperti belum maksimalnya promosi digital dan kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki namun sudah terdaftarnya produk di daerah tetapi belum adanya sertifikat kehalalan produk. Meskipun kualitas produk sudah sangat diperhatikan. 2) Untuk kelebihannya, usaha ini menawarkan kemudahan dalam transaksi jual beli. Konsumen yang memesan akan segera dilayani kemudian pesanan bisa diantar atau diambil sendiri. Industri ini juga terletak di tempat-tempat strategis sehingga mampu menarik banyak pelanggan. Sedangkan kelemahannya adalah penyediaan produk yang hanya sesuai permintaan konsumen dan juga belum adanya toko dan karyawan yang hanya dua orang mencakup pemilik usaha itu sendiri. Selain itu, usaha ini belum menerapkan aturan diskon pembelian produk dan belum membuka peluang untuk reseller. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Marketing Mix

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183360 NABILLA SAFRILIA
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:24
Last Modified: 12 Aug 2022 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item View Item