ADE LIYA PRAMITA, 12204183274 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Statistika Pada Siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Blitar” ditulis oleh Ade Liya Pramita, NIM 12204183274, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar adalah model pembelajaran Treffinger. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun pelajaran 2021/2022. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. 3) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) Posttes-Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan sampel yang didapat yaitu kelas VIII-E yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-F yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji Effect size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi satistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar. 2) ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar. 3) besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar 0,7. Berdsarkan kriteria effect size cohen’s dapat dikatakan bahwa besar pengaruh tergolong sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mahasiswa 12204183274 Ade Liya Pramita |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29422 |
Actions (login required)
View Item |