PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 BLITAR

ADE LIYA PRAMITA, 12204183274 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Statistika Pada Siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Blitar” ditulis oleh Ade Liya Pramita, NIM 12204183274, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar adalah model pembelajaran Treffinger. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun pelajaran 2021/2022. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. 3) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) Posttes-Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan sampel yang didapat yaitu kelas VIII-E yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-F yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji Effect size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi satistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar. 2) ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar. 3) besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar 0,7. Berdsarkan kriteria effect size cohen’s dapat dikatakan bahwa besar pengaruh tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 12204183274 Ade Liya Pramita
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:17
Last Modified: 12 Aug 2022 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item