STRATEGI PENINGKATAN PENGGUNA MOBILE BANKING DAN PELUANGNYA DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE NASABAH (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu TULUNGAGUNG SUDIRMAN)

AMELINA VITA GERRINA, 12401183250 (2022) STRATEGI PENINGKATAN PENGGUNA MOBILE BANKING DAN PELUANGNYA DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE NASABAH (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu TULUNGAGUNG SUDIRMAN). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Pengguna Mobile Banking dan Peluangnya dalam Meningkatan Market Share Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman” ini ditulis oleh Amelina Vita Gerrina, NIM. 12401183250 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah pembimbing Muhamad Aqim Adlan, S.Pd.I., M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pasar pada perbankan syariah kearah digitalisasi dengan adanya pergeseran kepemilikan bisnis yang pada saat ini didominasi oleh para generasi milnial dan muda yang lebih menyukai kenyamanan transaksi online. Oleh sebab itu dengan mengembangkan teknologi digital, akan meningkatkan jumlah pengguna salah satu digital banking yaitu mobile banking yang nantinya akan mampu memberikan peluang dalam peningkatan market share nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi BSI KCP Tulungagung Sudirman dalam meningkatkan jumlah pengguna BSI Mobile ?, 2) Bagaimana peluang BSI KCP Tulungagung Sudirman dalam peningkatan market share dengan BSI Mobile? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan atau field research. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik analisis SWOT. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Strategi BSI KCP Tulungagung Sudirman dalam meningkatkan jumlah pengguna BSI Mobile yaitu merubah mindset nasabah atau masyarakat bahwasannya bank syariah bukan hanya sebagai pendaftaran haji, mempertahankan dan meningkatkan fitur produk dan layanan yang tersedia, penetapan harga yang terjangkau, menambah atau memperluas jumlah cabang ke daerah yang berpotensial, melakukan sosialisasi fitur dari BSI yang tersedia di BSI Mobile,; B) Peluang BSI KCP Tulungagung Sudirman dalam peningkatan market share dengan BSI Mobile yaitu loyalitas nasabah yang tinggi, cakupan yang luas, adanya orang- orang intelektual, adanya dukungan dari pemerintah melalui peraturan pemerintah, dan adanya tuntutan pasar perbankan syariah. Sehingga dapat diketahui bahwa dengan adanya pergeseran kearah digitalisasi memerlukan penerapan strategi yang tepat untuk menjadikan sebuah peluang bagi perbankan syariah itu sendiri. Kata Kunci: Digitalisasi, Perbankan Syariah, Mobile Banking

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183250 AMELINA VITA GERRINA
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:38
Last Modified: 15 Aug 2022 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item