PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG.

PUTRI APRELIA CAHYA NINGTYAS, 12201183228 (2022) PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung” ini di tulis oleh PUTRI APRELIA CAHYA NINGTYAS, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM 12201183228 Tahun 2022 dibimbing oleh Suwanto, M.S.I Kata Kunci : Peran Guru, Al-Qur’an Hadist, Kesulitan Membaca Peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 2 Tulungagung. Guru mempunyai peran yang sangat penting jika sudah berada di dalam dunia pendidikan. Penanaman pembiasaan membaca Al-Qur’an perlu diterapkan demi membuahkan hasil seperti yang diinginkan. Tidak hanya mengajar materi saja, seorang guru juga harus memberikan pemaparan atau motivasi yang bisa menumbuhkan rasa ingin terus belajar dari diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 2 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 2 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 2 Tulungagung Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian jenis studi kasus. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yakni dengan Triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah : 1) Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai pembimbing yaitu: Pertama, Guru memberikan bimbingan intensif terhadap peserta didik. Kedua, Guru mendampingi peserta didik yang haid membaca Dzikir dan Shalawat. Ketiga, Guru membimbing peserta didik yang membaca Yasin dan sholat dhuha. Keempat, Guru menekankan pembelajaran mengenai makharijul huruf dan ilmu tajwid. 2). Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai motivator yaitu: Pertama, Guru memberikan motivasi terhadap kegiatan belajar peserta didik. Kedua, Guru memberikan reward atau hadiah kepada peserta didik. Ketiga, Guru memotivasi peserta didik agar siap berkompetisi. Keempat, Guru mengingatkan supaya tidak salah dalam memilih teman. 3) Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai fasilitator yaitu: Pertama, guru memberikan fasilitas belajar terhadap peserta didik, berupa fasilitas tempat dan fasilitas mengenai kualitas guru pengajar. Kedua, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Ketiga, gurumempersiapkan fasilitas Ekstrakulikuler BTQ dan Tahfidz. Keempat, guru bersikap akrab dan terbuka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183228 PUTRI APRELIA CAHYA NINGTYAS
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:32
Last Modified: 15 Aug 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item