PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA di RA HIDAYATUL MUBTADI’IN NGUDIREJO DIWEK JOMBANG

HESTI NUR SANTI, 12206183026 (2022) PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA di RA HIDAYATUL MUBTADI’IN NGUDIREJO DIWEK JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (30kB)

Abstract

Hesti Nur Santi, 12206183026, 2022, Perkembangan Sosial Anak Ditinjau Dari Pol Asuh Orang Tua di RA Hidayatul Mubtadi’in Ngudirejo Diwek Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegruruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Perkembangan Sosial, Pola Asuh RA Hidayatul Mubtadi’in merupakan salah satu sekolah swasta yang merupakan sekolah dibawah naungan kementerian agama. Perkembangan sosial anak disekolah cukup berjalan dengan baik dan optimal, serta memiliki keunggulan dalam hasil belajar termasuk dalam pengembangan sosial, maka dari itu bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua untuk mendidik anaknya. Rumusan masalah penelitian ini pertama bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak. Kedua apakah ada perbedaan perkembangan social anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatul Mubtadiin Ngudirejo Diwek Jombang. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial anak yang ditinjau dari pola asuh orang tua di RA Hidayatul Mubtadi’in Ngudirejo Diwek Jombang. Kedua untuk mendeskripsikan factor-faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua untuk mengembangkan perkembangan sosial pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan analisis One Way Anova. Sumber data person: kepala sekolah, guru kelas B dan wali murid, place: bangunan, fasilitas, aktivitas, dan kegiatan pembelajaran, paper: pedoman kurikulum, RPPH, RPPM dan hasil evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dimulai dari penelitian, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan observasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama pola asuh orang tua sangat mempengaruhi pada perkembangan sosial anak terbukti dari perilaku anak didalam kelas. Ada beberapa pola asuh orang tua, yaitu: pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Kedua faktor pendukung dalam mengembangkan sosial anak yaitu: orang tua, guru, lingkungan, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: orang tua yang kurang peduli dengan anaknya, guru yang kurang peduli dengan siswanya, dan lingkungan yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183026 HESTI NUR SANTI
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:34
Last Modified: 02 Sep 2022 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29480

Actions (login required)

View Item View Item