HESTI NUR SANTI, 12206183026 (2022) PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA di RA HIDAYATUL MUBTADI’IN NGUDIREJO DIWEK JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (944kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (30kB) |
Abstract
Hesti Nur Santi, 12206183026, 2022, Perkembangan Sosial Anak Ditinjau Dari Pol Asuh Orang Tua di RA Hidayatul Mubtadi’in Ngudirejo Diwek Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegruruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Perkembangan Sosial, Pola Asuh RA Hidayatul Mubtadi’in merupakan salah satu sekolah swasta yang merupakan sekolah dibawah naungan kementerian agama. Perkembangan sosial anak disekolah cukup berjalan dengan baik dan optimal, serta memiliki keunggulan dalam hasil belajar termasuk dalam pengembangan sosial, maka dari itu bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua untuk mendidik anaknya. Rumusan masalah penelitian ini pertama bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak. Kedua apakah ada perbedaan perkembangan social anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatul Mubtadiin Ngudirejo Diwek Jombang. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial anak yang ditinjau dari pola asuh orang tua di RA Hidayatul Mubtadi’in Ngudirejo Diwek Jombang. Kedua untuk mendeskripsikan factor-faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua untuk mengembangkan perkembangan sosial pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan analisis One Way Anova. Sumber data person: kepala sekolah, guru kelas B dan wali murid, place: bangunan, fasilitas, aktivitas, dan kegiatan pembelajaran, paper: pedoman kurikulum, RPPH, RPPM dan hasil evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dimulai dari penelitian, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan observasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama pola asuh orang tua sangat mempengaruhi pada perkembangan sosial anak terbukti dari perilaku anak didalam kelas. Ada beberapa pola asuh orang tua, yaitu: pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Kedua faktor pendukung dalam mengembangkan sosial anak yaitu: orang tua, guru, lingkungan, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: orang tua yang kurang peduli dengan anaknya, guru yang kurang peduli dengan siswanya, dan lingkungan yang tidak mendukung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183026 HESTI NUR SANTI |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 06:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29480 |
Actions (login required)
View Item |